Paper Asset: Cara Smart Merencanakan Warisan (1)

Dear Planners,

Pada tulisan yang lalu, sudah kita bicarakan langkah-langkah dalam merencanakan dana warisan. Namun tahukah Anda, bahwa dalam merencanakan dana ini, Anda bisa mempercayakan paper asset pada Asuransi Jiwa sebagai sumber perencanaan dan persiapan dana warisan dengan  cara yang paling mudah, cepat, dan dengan hasil yang maksimal?

Paper Asset adalah

an asset that is not readily usable or convertible to cash” (InvestorWords.com, http://www.investorwords.com/3576/paper_asset.html#ixzz2Pdbd2HDz). Biasanya asset ini berupa laporan neraca atau rugi laba dan surat-surat berharga, yang sifatnya tidak liquid. Di Indonesia, merencanakan dana warisan melalui paper asset pada asuransi jiwa memang belum terlalu populer seperti layaknya di negara-negara maju. Sebagai orang Timur, kita cenderung untuk memiliki dan mewariskan harta real berupa tanah, rumah, perhiasan, hewan ternak, dan lain-lain.

Pada umumnya, selagi masih hidup kita enggan atau bahkan tabu bila membicarakan asuransi, khususnya Asuransi Jiwa sebagai sumber dana  warisan. Namun, banyak fakta yang memperlihatkan, bahwa tanpa adanya perencanaan warisan yang baik, ahli waris dalam satu keluarga bisa menjadi ribut dan akhirnya tujuan sang ahli waris untuk mendistribusikan kekayaan berupa aset yang dikumpulkan seumur hidupnya tidak tercapai. Lebih menyedihkan lagi, jika keluarga yang ditinggalkan terbebani utang yang belum lunas. Alih-alih mewariskan harta, orangtua malah mewariskan beban hutang kepada anak-anaknya.

Apabila harta warisan dibagikan/dihibahkan selagi orangtua masih hidup, ada kekhawatiran anak menjadi serakah dan durhaka kepada orangtuanya dengan mengusir atau berbuat dzalim, seperti yang terjadi pada nenek Artija baru-baru ini. Nenek Artija dituntut oleh anak kandungnya sendiri dan divonis hukuman penjara karena telah menebang pohon yang tumbuh di tanah yang telah dihibahkannya kepada anaknya. Belum lagi masalah biaya balik nama atas kepemilikan harta (tanah, bangunan, dan kendaraan) dapat mengurangi jumlah harta yang diwariskan. Tentunya, kita tidak ingin hal-hal buruk di atas terjadi pada diri kita, bukan?

Oleh karena itu, perencanaan dana warisan melalui paper asset berupa  asuransi jiwa dapat menjadi cara yang smart dalam merencanakan dana warisan Anda.

Bagaimana cara merencanakan dana warisan dengan cara ini? Kita simak pembahasan berikutnya pada berita kami besok siang.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: