Manajemen Risiko dalam Perencanaan Keuangan (2)

Siang Planners,

Kali ini kami ajak Anda untuk mengenali bentuk-bentuk risiko yang dapat menimbulkan kerugian. Bentuk-bentuk risiko tersebut diantaranya adalah:

1. Risiko Murni

Risiko murni adalah risiko yang memiliki dua macam akibat, yaitu rugi atau break event. Contohnya: pencurian, kecelakaan, atau kebakaran.

2. Risiko Spekulatif

Risiko ini memiliki 3 macam akibat, yaitu rugi, untung, atau break event. Contoh risiko ini adalah judi.

4. Risiko Partikular

Risiko partikular adalah risiko yang berasal dari individu dan dampaknya lokal. Contohnya: pesawat jatuh, tabrakan mobil, dan kapal kandas.

5. Risiko Fundamental

Risiko fundamental adalah risiko yang bukan berasal dari individu dan memiliki dampak yang luas. Contohnya: angin topan, gempa bumi, dan banjir.

Selain kelima jenis risiko di atas, menurut sumbernya, risiko dapat dibagi 3. Diantaranya adalah:

1. Risiko Sosial

Risiko sosial adalah risiko yang datangnya dari masyarakat. Artinya, tindakan orang-orang menciptakan kejadian yang menyebabkan penyimpangan yang merugikan dari harapan kita. Contohnya: risiko pencurian barang-barang dagangan di toko-toko swalayan.

2. Risiko Fisik

Risiko fisik dapat disebabkan oleh alam atau kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Contohnya: kebakaran, cuaca, petir, dan tanah longsor.

3. Risiko Ekonomi

Risiko ekonomi adalah risiko yang disebabkan oleh adanya inflasi, fluktuasi lokal, dan ketidakstabilan perusahaan individu.

Apabila kita telah mengetahui jenis dan sumber risiko yang mungkin terjadi, kita dapat mengantisipasi dan menanganinya dengan menggunakan solusi atau instrumen yang tepat.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: