Tricks And Tips Mengelola Gaji Anda

Bosan dengan gaji Anda yang lima koma sekian? Maksudnya, setelah tanggal lima, langsung koma… hehehe… Begitulah kenyataan yang sering dialami seseorang yang tidak begitu pandai mengatur uang. Setinggi apa pun penghasilan yang dimiliki, selalu merasa kurang setiap bulannya. Apabila Anda termasuk orang yang cukup dibuat kalang kabut ketika harus menangani keuangan keluarga atau pribadi, ada baiknya Anda ikuti tips berikut ini agar uang Anda tidak keburu habis sebelum waktunya.

1. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit: Waspadai pengeluaran dalam jumlah kecil

Biasanya, pengeluaran dalam jumlah besar selalu bisa langsung terdeteksi oleh kita. Namun, lain halnya dengan pengeluaran kecil yang tidak terlalu signifikan, yang kalau dikumpul-kumpul, pengeluaran tersebut bisa jadi pengeluaran terbesar Anda. Contohnya, pengeluaran kecil seperti dana untuk gaya hidup, bayar parkir, sekedar ngopi di cafe, atau nonton film. Anda akan terkejut begitu mengetahui bahwa angka yang Anda temukan bernilai cukup besar apabila Anda jumlahkan seluruh pengeluaran-pengeluaran kecil ini. Oleh karena itu, Anda harus lebih pandai lagi mengatur keuangan Anda dengan mengawasi pengeluaran kecil ini dan mengalokasikannya ke dalam tabungan.

2. Bersenang-senang boleh saja, tetapi sesuaikan dengan pendapatan Anda

Berlangganan televisi kabel, jadi anggota klub fitnes terkenal, atau ikut serta dalam keanggotaan klub golf bergengsi? Memang asyik sekali. Namun, Anda harus bertanya lagi kepada diri Anda, apakah Anda sanggup membayar semua keanggotaan itu? Apabila jawabannya tidak, Anda harus siap-siap untuk menghilangkan semuanya dari daftar pengeluaran bulanan Anda. Cek kembali seluruh pengeluaran Anda agar sesuai dengan kemampuan Anda, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, hanya untuk ‘kesenangan-kesenangan’ yang tidak penting.

3. Lunasi hutang kartu kredit Anda

Apabila Anda memiliki kartu kredit, Anda harus ingat bahwa dana di dalamnya bukanlah pemasukan untuk Anda. Pembelanjaan dengan kartu kredit adalah pengeluaran yang harus segera dibayarkan. Jadi, apabila Anda menggunakan kartu kredit, sebisa mungkin Anda langsung bayar lunas ketika tagihan datang. Hal ini perlu dipahami, karena bunga kartu kredit sangat tinggi, sehingga dapat membuat Anda terlilit hutang seumur hidup apabila Anda tidak pandai-pandai berstrategi dalam menggunakan kartu kredit. Apabila Anda sudah terlanjur masuk ke dalam jeratannya, konsultasikanlah dengan pihak penerbit kartu kredit agar anda dapat bernegosiasi soal pembayaran.

4. Mulailah berinvestasi

Apabila Anda sukses dalam mengatur pengeluaran dan berhasil ‘menjinakkan’ utang kartu kredit, maka Anda dapat mulai berinvestasi. Seperti yang dikatakan oleh Warren Buffet, investor dan pengusaha besar AS, investasi itu seperti diet. Mudah dipahami, tapi sulit dilaksanakan. Oleh karena itu, apabila Anda sudah mulai bisa menyisihkan gaji dalam jumlah tertentu secara rutin setiap bulannya, sebaiknya Anda mulai pikirkan untuk berinvestasi. Dengan menjadi investor cerdas, nantinya uang yang akan bekerja untuk Anda, bukan Anda yang bekerja untuk uang.

Selamat mengelola gaji dan sukses untuk Anda!

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: