Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Cerdas Mengelola Keuangan

Siang planners..

Peran wanita dalam mengelola keuangan keluarga sangatlah penting, terutama jika uang yang dikelola jumlahnya terbatas, karena disini wanita dituntut untuk membagi pengeluaran sekaligus tidak melupakan tabungan dan investasi.

Sebanyak 84% keuangan keluarga dipegang oleh wanita/istri, namun baru diantaranya yang dapat mengelola keuangan dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips mengelola keuangan bagi ibu rumah tangga :

  1. Buat anggaran bulanan

Buatlah anggaran dan pos-pos pengeluaran. Disiplinlah dalam menjalankannya.

2. Persiapkan dana darurat

Untuk keluarga yang belum dikaruniai anak, besar dana darurat adalah 3-6 kali pengeluaran bulanan. Sedangkan untuk keluarga yang telah dikaruniai anak adalah 6-12 kali pengeluaran bulanan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika Anda dan/atau pasangan kehilangan pekerjaan.

3. Lakukan investasi

Dalam membuat anggaran, jangan lupa alokasikan dana untuk tabungan dan investasi. Sebagian besar orang seringkali membelanjakan dahulu penghasilannya baru sisanya ditabung, padahal seharusnya sebaliknya, tabung dulu baru sisanya untuk pengeluaran lainnya.

4. Persiapkan biaya pendidikan anak

Anda dan pasangan tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak, termasuk dalam hal pendidikan bukan? Persiapkan sejak sekarang.

5. Persiapkan dana pensiun

Anda dan pasangan tentu tidak ingin selamanya bekerja. Rencanakan masa pensiun Anda sejak dini.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: