Financial Planning for (Single) Moms

Dear Planners,

Saya yakin, tidak ada seorang wanita pun di dunia ini yang bercita-cita untuk menjadi seorang single mom (baca: janda), apalagi di usia muda, di mana anak-anaknya (apabila ada) pada umumnya masih kecil-kecil. Terlepas dari penyebab seorang wanita menjadi janda, apakah karena cerai atau pun ditinggal mati karena sakit keras atau kecelakaan, setiap wanita perlu membekali dirinya dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih agar bisa mandiri, terutama secara finansial. Hal ini sangat penting, terutama bagi mereka yang terbiasa mengandalkan suami sebagai pencari nafkah utama. Ketika seorang wanita menjanda, tanggung jawab yang dipikulnya otomatis akan lebih besar dalam melanjutkan hidup dan membesarkan anak-anak.

Masalah utama yang dihadapi oleh seorang single mom biasanya ada di seputar keuangan. Hal ini terjadi karena menjadi orangtua tunggal dapat berarti berkurangnya penghasilan rumah tangga yang disebabkan oleh hilangnya seorang pencari nafkah utama. Banyak istri yang setelah kehilangan suami hidupnya menjadi terpuruk, sehingga tidak bisa lagi menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya. Akibatnya, masa depan anak-anaknya menjadi suram dan terancam gagal. Sebaliknya, ada juga single mom yang secara finansial tidak merasakan kejomplangan/kekurangan. Namun, karena merasa bebas untuk menggunakan semua uang yang dimilikinya tanpa harus meminta ijin siapa pun, lambat laun dia mengalami kebangkrutan yang dapat mengancam kelangsungan pendidikan anak-anaknya di masa depan. Naudzubillahi min dzalik…

Oleh karena itu, setiap wanita, terlepas apakah dia sedang menikah atau pun sudah menjanda, perlu dibekali pengetahuan perencanaan keuangan yang memadai, sehingga dapat mengambil langkah-langkah cerdas di bidang keuangan, apabila nantinya diperlukan. Dalam beberapa hari ke depan, kami akan membahas perencanaan keuangan untuk wanita, terutama ibu-ibu rumah tangga, berupa langkah-langkah cerdas yang perlu diketahui dan dilakukan, sehingga mereka bisa mandiri secara finansial.

Stay tuned and enjoy your day, Ladies… 😉

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: