Evaluasi Keuangan Pribadi Akhir Tahun (2)

Siang planners..

Pada kesempatan kemarin siang, kami telah membahas evaluasi keuangan pribadi akhir tahun tentang evaluasi hutang yang Anda miliki di sepanjang tahun 2013 ini. Siang hari ini, akan kami lanjutkan hal-hal lain yang perlu Anda evaluasi di akhir tahun. Selamat mengikuti.

1.    Berapa besar dana darurat yang kita miliki?

Dana darurat merupakan dana yang dapat menyelamatkan tujuan keuangan kita. Artinya, apabila sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan seperti berhenti bekerja, orang tua sakit, saudara meminjam uang, dsb, Anda tidak perlu menggunakan tabungan pendidikan anak ataupun juga tabungan pensiun Anda.

Besarnya dana darurat yang perlu kita persiapkan minimal adalah 3 kali biaya bulanan. Sebagai contoh, jika biaya bulanan Anda adalah sebesar Rp. 5 juta, maka dana darurat yang harus Anda persiapkan adalah minimal Rp. 15 juta.

Jika Anda telah memiliki keluarga/anak, tentu dana darurat yang perlu Anda persiapkan lebih besar. Persiapkan dana darurat sebesar 6-12 kali biaya bulanan.

Berapa dana darurat yang telah Anda miliki?

2.   Berapa besar tabungan yang kita miliki?

Menabunglah minimal 10% dari penghasilan Anda. Besarnya tabungan juga ditentukan oleh tujuan menabung Anda, jika Anda memiliki tujuan menabung yang membutuhkan dana yang besar, tentu Anda harus memperbesar persentase menabung Anda.

Apakah Anda sudah mulai menabung minimal 10% per bulan?

Apakah kebiasaan menabung ini sudah rutin Anda lakukan setiap bulan?

Apakah besar yang Anda tabung sudah sesuai dengan tujuan keuangan Anda?

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: