Perencanaan Keuangan Syariah

Dear Planners,

Setiap Muslim/Muslimah pasti menginginkan segala sesuatu yang dilakukannya mendapat ridha dari Allah SWT, agar dapat mencapai kehidupan yang sejahtera, baik di dunia mau pun di akhirat. Oleh karena itu, sebaiknya kita gunakan prinsip yang Islami (Syar’i) di dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk dalam mengelola dan merencanakan keuangan kita, agar mendapat berkah hidup di dunia dan akhirat.

Di dalam prinsip ekonomi syariah, Islam dipandang sebagai cara hidup (way of life). Artinya, segala sesuatu yang kita lakukan harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang diajarkan di dalam Alquran dan Hadits, sehingga amal perbuatan kita senantiasa mendapat Ridha Allah yang menjadi “tabungan” amal untuk kehidupan kita di dunia mau pun di akhirat. Begitu juga dalam konsep Islamic Financial Planning, tujuan akhir dari Perencanaan Keuangan yang kita lakukan hendaknya tidak hanya berhenti untuk kemaslahatan di dunia saja, tetapi juga berlanjut ke akhirat dengan pahala-pahala yang terus mengalir. Di dalam Islam, ada 3 pahala yang akan terus mengalir ketika kita sudah tiada, yaitu doa anak sholeh, ilmu yang berguna, dan amal jariyah. Oleh sebab itu, segala urusan keuangan kita di dunia ini, hendaknya selalu tidak lupa untuk mengikut-sertakan atau berpijak kepada tiga hal tersebut. Selain itu, segala sesuatu yang kita lakukan di dalam perencanaan keuangan kita juga harus baik, halal, dan membawa berkah, sehingga menjadi tabungan amal baik di dunia dan akhirat. (Aidil Akbar, http://finance.detik.com/read/2013/07/24/070313/2312229/722/1/masih-seputar-perencanaan-keuangan-syariah).

Perencanaan Keuangan secara Islami diantaranya mencakup hal-hal berikut: Pendapatan secara Islami, Pengeluaran secara Islami, Manajemen Utang, Perlindungan (Manajemen Risiko) secara Islami, Investasi Islami, serta Zakat, Sedekah, Amal, dan Wakaf. Poin-poin tersebut akan dibahas lebih lanjut di dalam tulisan kami selanjutnya. Stay tuned…

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: