Dasar-dasar Ekonomi Syariah

Dear Planners,

Sebelum membahas secara detail tentang Perencanaan Keuangan Syariah, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu dasar-dasar yang terdapat di dalam ekonomi Syariah, sehingga kita bisa menjalankan Perencanaan Keuangan Syariah dengan baik dan benar.

1. Dilarang menimbun harta benda
Islam mengajarkan kita untuk tidak menimbun harta benda, karena bisa menimbulkan berbagai resiko, antara lain menjadi incaran tindakan kriminal.

2. Bekerja / berusaha dari sumber yang halal
Apabila kita ingin mendapat rezeki yang halal dan berkah, maka kita juga harus berusaha dengan jalan yang halal, agar mendapat Ridha’ dari Allah SWT. Dengan rezeki yang halal, maka keluarga kita dan diri kita dapat memperoleh manfaat kebaikannnya.

3. Pada harta kita terdapat hak Tuhan
Setiap kita mendapat rezeki hendaknya kita sisihkan sebagian dari harta kita tersebut dalam bentuk zakat dan shadaqah, agar harta kita senantiasa bersih dan berkah, sebagai bentuk penyucian harta dan tanggung jawab diri dalam beribadah kepada Allah SWT.

4. Boleh berniaga asal tidak riba
Riba adalah pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara bathil. Artinya, di sini ada sejumlah dana yang harus ditanggung oleh salah satu pihak, sehingga menjadi beban yang tidak adil bagi pihak yang menanggung beban tersebut.

5. Terdapat hak orang miskin dari harta yang kita peroleh
Kita harus menyisihkan sebagian dari harta yang kita peroleh untuk diberikan kepada fakir miskin dan anak-anak terlantar, agar harta kita senantiasa bersih. Selain itu, infaq dan shadaqah yang kita lakukan dapat meratakan distribusi pendapatan di antara masyarakat, sehingga kesenjangan ekonomi dapat diminimalisir.

6. Berprestasi dalam bekerja sebagai indikator kesuksesan.
Sebagai seorang individu, kita dituntut untuk senantiasa berprestasi di dalam pekerjaan kita, sehingga kita bisa mencapai kesuksesan hidup dan menjadi saluran berkat bagi orang-orang di sekeliling kita.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: