Perusahaan Asuransi Manakah Yang Saya Pilih?? (3)

Selamat Siang Planners,

Kemarin ini Kami telah membahas dasar-dasar pemilihan perusahaan asuransi yang sebaiknya Anda pilih. Setelah itu semua dilihat, kebanyakan orang akan melihat atau mendengar pendapat orang lain terkait perusahaan tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung.

Apapun beritanya, baik positif atau negatif, sebisa mungkin Anda harus dengar dari sumbernya secara langsung. Karena berita yang telah lewat perantara orang kedua, ketiga dan seterusnya, akan mengalami perubahan cerita bahkan maksud cerita pun bisa berubah total. Selain itu, semua cerita yang timbul jangan di generalisasikan melainkan harus dilihat kasus per kasus karena dapat berbeda kondisi.

Apalagi berita yang disalurkan melalui berbagai media cetak maupun elektronik, terkadang sudah bercampur dengan berbagai opini masyarakat atau hanya diberitakan dari satu sudut pandang (terutama yang negatif) saja. Kami yakin Anda adalah orang yang dapat memilah berita tersebut.

Berita yang paling banyak diungkit adalah tentang masalah klaim asuransi, selain itu tentang pelayanan yang kurang memuaskan, dan lain-lain. Banyaknya berita tentang masalah pelayanan perusahaan asuransi tersebut (andaikan benar) bukan berarti perusahaan tersebut jelek pelayanan nya. Cara menilai dengan adil adalah dengan memakai persentase. Jadi berapa persen nasabah perusahaan asuransi tersebut yang memang benar-benar merasa tidak puas dengan pelayanan perusahaan asuransi tersebut, bukan berdasarkan jumlah atau seringnya berita ketidakpuasan nasabah perusahaan tersebut.

Misal : ada 20 nasabah perusahaan asuransi A yang tidak puas dengan pelayanan nya (klaim, produk, agen, dan sebagainya). Pada perusahaan B ada 100 orang yang tidak puas. Perusahaan C ada 1.000 orang. Nah manakah perusahaan asuransi yang buruk pelayanannya? Sekilas Kita akan bilang perusahaan C karena jauh lebih banyak dibandingkan perusahaan lainnya. Namun coba Kita telusuri lagi. Ternyata jumlah nasabah perusahaan A hanya 200 orang, B ada 10.000 orang, dan C ada 2 juta orang. Coba kita lihat secara persentase, nasabah yang tidak puas pada perusahaan A sebesar 10 %, perusahaan B 1%, sedangkan C 0,05%. Manakah yang menurut Anda perusahaan yang paling banyak keluhan? Tentu adalah perusahaan A bukan? Namun kalau dilihat dari jumlahnya tentu terlihat perusahaan C paling sering muncul berita kekecewaan nasabahnya. Ternyata Kita bisa salah menilai kalau hanya melihat dari sisi jumlah. Belum lagi bila Kita harus yakinkan apakah berita tersebut memang benar terjadi seperti apa adanya atau hanya sekedar rekayasa atau berita lama yang diulang-ulang.

Nilailah sesuatu bukan dari apa yang dikatakan oleh orang-orang lain, namun berdasarkan apa yang memang benar-benar Anda dengar atau lihat secara langsung. Karena apa yang dinilai oleh orang lain belum tentu benar secara menyeluruh.

Jadi Anda sudah lebih paham dan jeli tentang perusahaan asuransi manakah yang secara objektif adalah terbaik bagi Anda bukan?

Selamat Memilih

Be Happy

Selamat Pagi Planners,

Bagaimana pagi hari di waktu libur Anda? Hari ini adalah waktu nya Anda bersantai dan bersenang-senang dengan keluarga ataupun teman Anda.

Agar kegembiraan hari ini sempurna, maka diri Anda terlebih dahulu juga harus berbahagia. Bangkitkan rasa senang dan bahagia dalam diri Anda. Nikmati setiap momen pada hari ini dengan bahagia.

Selamat Liburan

Penyegaran di Malam Hari

Selamat Malam Planners,

Bagaimana aktivitas Anda sepanjang hari ini? Apapun yang terjadi sepanjang hari ini, Kita perlu penyegaran sehingga besok Kita siap menghadapi tantangan yang baru lagi. Penyegaran dapat berupa nonton, jalan-jalan, berkumpul dengan keluarga maupun teman, aktivitas lain yang menyenangkan diri Kita, dan lain-lain.

Selamat Bersenang-senang

Perusahaan Asuransi Manakah yang Saya Pilih?? (2)

Selamat Siang Planners,

Sekarang Kita akan lanjut pertimmbangan-pertimbangan apakah dalam menentukan perusahaan asuransi yang cocok dengan Kita :

  • Lamanya perusahaan asuransi berdiri. Perusahaan asuransi yang telah lama berdiri (lebih dari 10 tahun) artinya perusahaan ini sudah cukup stabil keuangannya dan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Bila perusahaan ini baru, maka Anda belum mengetahui dengan jelas rekam jejak perusahaan ini dan stabilitas keuangannya. Namun perlu diingat, setelah diatas 10 tahun, maka kualiats perusahaan asuransi tidak lagi didasarkan oleh jangka waktu berdirinya, namun yang perlu Anda perhatikan adalah pertumbuhannya serta pengakuannya di masyarakat luas.
  • Jumlah aset atau kekayaan perusahaan asuransi. Anda perlu mengetahui jumlah aset atau kekayaan perusahaan tersebut, karena bila perusahaan asuransi ini salah perhitungan dan terjadi klaim risiko yang berlebih dibandingkan yang diprediksi, maka perusahaan asuransi harus siap untuk mencairkan asetnya
  • .Jumlah premi baru yang terus naik tiap tahunnya, yang menandakan secara tidak langsung kepercayaan masyarakat akan perusahaan asuransi tersebut. Bila banyak masyarakat mempercayakan pengalihan risiko ke perusahaan tersebut, kenapa Kita tidak ikuti saja?
  • Laba perusahaan asuransi, yang menandakan bahwa perusahaan asuransi ini dapat mengelola keuangan nasabah dengan baik. Secara umun, perusahaan apapun, andai setiap tahun ada laba bahkan jumlahnya naik terus tiap tahun, artinya perusahaan ini sangat bagus dan dapat memberikan hasil lebih kepada pemegang sahamnya. Begitupula dengan perusahaan asuransi, artinya keuangan perusahaan bagus dan dikelola dengan baik pula.
  • Jumlah klaim yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah nasabah. Mengapa jumlah klaim itu sangat penting? Karena perusahaan asuransi adalah perusahaan yang bersedia menerima risiko, artinya perusahaan ini siap-siap terima klaim dari para nasabah. Bagi perusahaan asuransi yang profesional, mereka akan melakukan seleksi klaim dengan ketat, agar klaim dapat diberikan kepada orang yang tepat dengan jumlah yang sesuai. Klaim yang terus meningkat dengan seleksi klaim yang ketat, menandakan bahwa perusahaan asuransi ini punya kredibilitas tinggi dan melaksanakan kewajibannya dengan sangat baik. Seleksi klaim penting agar jangan sampai ada kebocoran dana kepada orang yang tidak berhak, karena nasabah lain yang akan dirugikan.
  • Pengakuan reputasi oleh lembaga-lembaga independen. Lembaga ini umumnya punya kategori dan kriteria pemilihan yang cukup ketat. Sehingga bila ada pengakuan dari mereka bahwa perusahaan asuransi ini adalah yang terbaik, maka hampir dapat dipastikan itu adalah penilaian yang objektif.Peringkat perusahaan asuransi. Semua orang pasti ingin yang terbaik, yang ditandakan menjadi nomor 1, selanjutnya no 2 dan 3. Jadi memilih perusahaan asuransi yang terbaik sudah tentu pilihan yang bijak.
  • Pilih perusahaan asuransi pelengkap. Apa maksudnya? Manfaat asuransi Anda maksimalkan pada sebuah perusahaan asuransi yang cocok bagi Anda. Namun bukan berarti tidak boleh punya di perusahaan asuransi lain. Kami menganjurkan Anda punya asuransi diperusahaan asuransi lainnya, namun hanya sebagai pelengkap kekurangan di perusahaan asuransi yang utama Anda pilih.

Demikian kelanjutan pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi yang cocok bagi Anda. Kami pun siap membantu Anda..

Selamat Aktivitas

Semangat Pagi

Selamat Pagi Planners,

Bagaimanakah kabar Anda pagi hari ini? Sedang merasa senang atau semangat? Atau sebaiknya sedang merasa sedih, lesu, atau kurang bergairah?

Hati-hati kondisi Anda akan mempengaruhi kinerja Anda. Jadi bila Anda sedang lesu, maka apapun yang Anda kerjakan, sebagian besar akan terasa berat, tidak tuntas dan sebagainya. Maka ciptakanlah semangat pada pagi hari ini. Buatlah diri Anda senang dengan cara berpikir hal-hal yang menyenangkan.

Selamat Aktivitas

Seleksi Berita Dengan Bijak

Selamat Malam Planners,

Dewasa ini, arus informasi masuk seperti tanpa terbendung. Benar atau salah, baik atau buruk, hampir sulit dibedakan. Oleh karena itu diperlukan seleksi yang baik dan bijak dari Kita sebagai pihak yang menerima berita. Latihlah diri kita untuk dapat menjadi orang yang mampu menyeleksi berita dengan baik..

Selamat Istirahat

Perusahaan Asuransi Manakah yang Saya Pilih?? (1)

Selamat Siang Planners,

Bila Anda memutuskan untuk mengalihkan risiko Anda kepada perusahaan asuransi, dan telah memilih jalur distribusi yang terbaik bagi Anda. Nah selanjutnya, perusahaan asuransi manakah yang sebaiknya saya pilih?

Pemilihan perusahaan asuransi tergantung dari beberapa pertimbangan :

  • Bila Anda memilih memiliki asuransi melalui bank, maka Anda harus kenali juga profil bank tersebut apakah dapat dipercaya? Karena kebutuhan transfer risiko sifatnya jangka panjang atau bahkan seumur hidup, apakah Anda yakin bank tersebut masih ada? Apakah Anda nyaman dengan potensi seringnya pergantian orang-orang yang akan membantu melayani polis asuransi Anda?
  • Bila Anda memilih memiliki asuransi melalui jasa tenaga agen atau konsultan keuangan, maka Anda harus yakin bahwa agen tersebut akan tetap ada disamping Anda dan profesinya tidak berubah. Karena agen lah yang akan kontak seumur hidup dengan Anda, maka bila Anda telah percaya kepadanya, Anda pertimbangan nama perusahaan asuransi menjadi bukan prioritas utama. Seharusnya agen yang profesional akan berada di perusahaan yang terbaik, bukan perusahaan asal-asalan, agar dapat merekomendasikan yang terbaik ke nasabah.
  • Nama perusahaan asuransi, hal ini menjadi salah satu pertimbangan karena semakin terkenal perusahaan asuransi tersebut, maka secara tidak langsung nasabahnya juga sudah cukup banyak. Bila banyak orang lain mau menjadi nasabahnya, kenapa Anda tidak ikut kebanyakan orang?

Itulah beberapa pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat bagi Anda. Simak kelanjutannya besok siang.

Selamat Aktivitas..

Do It then Get It

If you always do what you’ve always done, you’ll always be what you’ve always been.

Jika Anda melakukan apa yang harusnya Anda lakukan, maka Anda akan menjadi apa yang harusnya Anda raih.

Dream It, Believe It and It Will Happen

Selamat Malam Planners,

Apakah Anda memiliki keinginan yang ingin diwujudkan? Apakah keinginan tersebut belum terwujud? Apakah Anda benar-benar ingin menjadikannya kenyataan?

Jika iya, maka langkah pertama adalah jadikan keinginan tersebut adalah impian Anda. Selanjutnya yakinlah bahwa Anda pasti akan dapat mewujudkannya. Maka keingian tersebut pasti akan terwujud.

Selamat Istirahat

Bagaimanakah Cara Saya Memiliki Asuransi??

Selamat Siang Planners,

Bila Anda memutuskan untuk mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi umum atau jiwa, maka perusahaan manakah yang sebaiknya diambil? Bagaimana caranya?

Pada umumnya, Anda mengambil keputusan ini tentunya karena Anda yakin bahwa perusahaan asuransi pasti akan mengambil alih risiko dan bersedia membayar sejumlah Uang Pertanggungan sesuai kontrak yang ada. Bagaimana supaya Anda yakin? Apalagi banyak perusahaan asuransi yang berkata bahwa dirinya yang terbaik, lebih bagus dibanding yabg lainnya, dan sebagainya. Belum lagi ada beberapa cara Anda memiliki asuransi baik melalui tawaran bank tempat Anda menabung, lewat telefon, atau lewat jasa agen atau konsultan pemasaran.

Mari Kita lihat dari berbagai sudut pandang. Pertama Kita akan bahas tentang cara membeli produk asuransi (khususnya asuransi jiwa) lewat mana sebaiknya? Masing-masing cara ada kelebihan dan kekurangan. Kita bahas satu per satu.

  1. Bancassurance, ini merupakan istilah yang populer disebutkan bila Anda ada di Bank. Artinya adalah produk asuransi yang dipasarkan melalui pihak bank. Pada umumnya, bank tidak menjamin tentang isi kontrak polis asuransi Anda karena pihak bank hanya memfasilitasi penjualan bagi perusahaan asuransi terhadap para nasabah yang mungkin mencari produk asuransi. Kelebihannya adalah nasabah tidak perlu takut akan unsur penipuan, karena biasanya bank akan bekerja sama dengan perusahaan yang resmi. Mungkin juga ditawarkan tentang kemudahan pembayaran melalui rekening nasabah di bank tersebut. Kekurangannya adalah bank akan buka sepanjang jam buka kantor/bank. Bila Anda perlu bantuan, Anda hanya dipandu lewat telefon atau harus ke customer service di bank tersebut yang orangnya mungkin akan ganti-ganti. Jadi masalah (kesehatan) Anda akan diketahui oleh banyak pihak.
  2. Telemarketing, ini merupakan cara penawaran yang sering Kita jumpai apalagi bagi Anda yang punya atau pernah punya Kartu Kredit. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu repot-repot pergi ke suatu tempat untuk membeli produk asuransi, fan tidak perlu isi dokumen atau bahkan tanda tangan yang mungkin biasanya jumlahnya sangat banyak dan terkesan merepotkan. Kekurangannya adalah Anda mungkin dapat informasi tidak tepat atau kurang lengkap dan Anda akan diburu-buru untuk memutuskan saat itu juga tanpa ada kesempatan untuk mempelajari produk tersebut secara mandiri. Anda juga akan bingung untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang produk yang Anda beli, karena orang yang menawarkan tidak akan meninggalkan nomor kontak. Anda hanya diarahkan kontak ke perusahaan asuransi secara langsung.
  3. Jalur Tenaga Pemasaran (agen pemasaran atau financial consultant), jalur ini yang pada umumnya sangat disukai karena Anda dapat kontak langsung penjual secara pribadi. Itu salah satu kelebihannya, selain itu Anda dapat menghubungi dan berkonsultasi tiap waktu. Data kesehatan Anda juga cukup terjamin kerahasiaannya, karena hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Bila Anda ketemu agen yang tepat, maka Anda juga akan mendapatkan konsultasi tentang perencanaan keuangan secara objektif dari agen yang telah mendapatkan sertifikasi khusus untuk itu. Kekurangannya adalah bila Anda mendapatkan agen yang hanya kerja sementara di bidang ini, maka bisa jadi agen Anda sering berganti-ganti, sama halnya seperti lewat jalur bank. Bahkan bila agen yang jahat, bisa jadi uang premi Anda dibawa kabur. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, maka hal ini bisa diminimalkan dengan cara pembayaran autodebit rekening bank atau kartu kredit. Jadi pemilihan lewat tenaga pemasaran, yang paling utama adalah bagaimana tingkat kepercayaan Anda terhadap agen tersebut? Sama halnya dengan Anda berobat ke dokter, Anda akan puas atau sembuh lebih cepat bila Anda percaya sepenuhnya kepada dokter tersebut.

Jadi lewat jalur manapun ada kekurangan dan kelebihannya. Nah manakah yang paling cocok bagi Anda? Survey membuktikan bahwa sebagian besar orang memilih lewat jalur tenaga pemasaran atau agen.

Bagaimana dengan Anda??

Kami siap membantu bila Anda ingin mendapatkan saran profesional yang terbaik.

Salam Perencanaan

%d blogger menyukai ini: