Mengapa Kita Butuh Perencanaan Keuangan ??

Dear Planners,

Pada siang kali ini Kami akan kembali membahas mengenai pentingnya Perencanaan Keuangan. Apa saja alasan kenapa Kita butuh perencanaan keuangan??

Menurut ibu Lisa pada tulisannya di detikfinance, terdapat 7 Alasan Mengapa Kita Butuh Perencanaan Keuangan :

(http://finance.detik.com/read/2012/01/24/095642/1822850/722/7-alasan-mengapa-kita-butuh-perencanaan-keuangan)

1. Untuk melindungi diri Kita dan keluarga dari risiko keuangan

Dalam siklus hidup tentunya ada masa-masa naik dan turunnya tingkat kehidupan, dan tidak dapat dipungkiri, dimanapun situasi kehidupan Kita, pastinya berhubungan dengan uang. Naik turunnya situasi keuangan masih dapat diatasi dengan bantuan seorang profesional. Apa saja masalah-masalah penting dan darurat yang berhubungan dengan keuangan, contohnya adalah : kehilangan pekerjaan, sakit keras, kecelakaan yang menyebabkan cacat, dan kematian kepala keluarga sebagai sumber pendapatan.

2. Untuk melunasi utang

Memang sangat baik jika Kita sudah memiliki investasi, baik investasi pada pasar modal, properti, bisnis maupun barang-barang berharga. Namun masih banyak diantara Kita yang juga memiliki hutang yang besar, terutama hutang konsumtif. Hal ini sebenarnya sangat penting untuk dicari jalan keluarnya. Sangatlah tidak tepat jika setiap bulan berinvestasi dengan tujuan untuk mengumpulkan aset namun juga menumpuk hutang yang bunganya lebih tinggi dari hasil investasi Kita.
Oleh karena itu, menyelesaikan hutang adalah hal yang paling penting didalam sebuah Perencanaan Keuangan yang Kita miliki.

3. Untuk biaya membesarkan anak-anak

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Oleh karena itu porsi yang cukup besar didalam anggaran rumah tangga adalah biaya untuk membesarkan anak-anak yang dapat berlangsung sekitar 20-25 tahun sebelum anak-anak Kita dapat membiayai dirinya sendiri. Biaya ini meliputi sejak anak lahir, hingga biaya pernikahan, namun biaya yang paling besar adalah biaya pendidikan sejak memasuki persiapan sekolah (pre-school) hingga perguruan tinggi. Sebagai ilustrasi, jika biaya kuliah saat ini adalah Rp 50 juta, dengan adanya inflasi maka, dalam 15 tahun biaya tersebut menjadi sekitar Rp 770 juta.

4. Untuk pembelian aset, dari kendaraan hingga rumah

Rumah adalah aset utama yang harus dimiliki oleh seseorang, selain untuk digunakan sebagai tempat tinggal, rumah juga menjadi sebuah aset yang nilainya bertambah dari waktu ke waktu. Aset kedua yang harus dimiliki adalah kendaraan. Umur kendaraan yang nyaman adalah 5 tahun. Jadi layaknya, setiap 5 tahun Kita perlu mengganti kendaraan Kita.

Namun tidak semua orang, walaupun sudah memiliki pekerjaan, mampu untuk membeli rumah dan kendaraan karena gaji yang hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari sehingga dari tahun ke tahun uang tidak pernah cukup untuk membeli aset. Oleh karena itu diperlukan suatu solusi agar keinginan untuk membeli aset-aset dapat tercapai.

5. Untuk membiayai pembelian polis asuransi

Semua aset yang sudah Kita kumpulkan adalah untuk memenuhi segala kebutuhan kehidupan keluarga, namun bayangkan jika suatu saat terjadi kecelakaan, sakit atau meninggal, sehingga tidak dapat lagi kita membiayai keluarga Kita. Untuk melindungi nilai ekonomis seseorang yang menjadi sumber pendapatan keluarga adalah dengan memiliki asuransi. Pertanyaan berikutnya adalah apakah asuransi yang Kita miliki nilainya sudah cukup untuk membiayai kehidupan hingga masa depan keluarga yang ditinggalkan dapat terjamin. Berapa sebenarnya nilai asuransi yang harus dimiliki? Apa saja benefit dari asuransi kesehatan yang Kita miliki?

6. Untuk bisa menikmati pensiun dengan taraf hidup yang nyaman

Pensiun adalah saatnya Kita menikmati masa istirahat dari pekerjaan. Tentunya Kita ingin menikmati dengan taraf hidup yang nyaman. Namun dari mana Kita bisa mendapatkan uang yang cukup untuk membiayai pensiun seperti yang Kita inginkan? Sudah bukan saatnya pada saat pensiun, justru Kita masih harus mencari pekerjaan untuk membiayai hidup Kita. Bukan hal yang tepat juga jika Kita harus bergantung biaya ke anak-anak Kita yang mungkin masih memerlukan biaya-biaya untuk kehidupannya sendiri bahkan untuk keluarganya.Sebagai ilustrasi, jika saat ini umur Kita 45 tahun dengan biaya hidup Kita adalah Rp 15 juta, maka pada saat Kita pensiun diumur 55 tahun maka Kita membutuhkan dana sekitar Rp 16 Milyar untuk dapat menikmati pensiun selama 20 tahun.

7. Untuk mewariskan kekayaan Kita kepada anak-anak

Jika Kita sudah memiliki Perencanaan Keuangan maka segala aset dan kekayaan Kita sudah tertata untuk setiap tujuan. Pada akhirnya, jika Kita berumur panjang dan memasuki usia pensiun, segala kekayaan yang kita miliki dapat Kita wariskan kepada anak-anak. Oleh karena itu menyiapkan wasiat juga menjadi bagian dari sebuah Perencanaan, agar generasi berikutnya dapat menikmati dan memelihara kekayaan yang Kita wariskan.

Itulah 7 alasan kenapa Kita perlu Perencanaan Keuangan dengan baik..

Jadi mari Kita mulai membuat Perencanaan Keuangan yang baik dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Langkah Kita saat ini akan menentukan masa depan Kita dan keluarga.

 

Salam Perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: