Membuat Perencanaan Dana Pensiun: How?

Siang Planners…

Kemarin kami telah memberi contoh kehidupan pensiun yang bahagia. Bagaimana caranya agar kita dapat mencapai kehidupan yang bahagia di masa tua seperti itu?

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah ubah pola pengeluaran Anda dari left saver menjadi right spender (lihat postingan kami sebelumnya yang berjudul “Apakah Anda Leftist atau Rightist?“). Left saver hanya menabung ketika masih ada sisa dari gaji (income) Anda, setelah memenuhi kebutuhan pokok dan keinginan-keinginannya. Kalau tidak ada sisa, ya tidak menabung, bahkan seringkali para leftist merasa bahwa income-nya selalu kurang, sehingga untuk menutupinya, mereka harus berhutang.

Sedangkan right spender menghabiskan gaji (income) mereka dengan terlebih dahulu mengalokasikan sebagian kecil dari incomenya ke dalam tabungan dan investasi, selain menghabiskan uangnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setelah investasi mereka memberikan hasil, baru para Rightist membelanjakannya untuk memenuhi keinginan mereka yang tertunda (25%) dan 75% dari hasil investasi tersebut digunakan kembali untuk berinvestasi.

Setelah itu, Anda hitung total dana yang dibutuhkan pada saat Anda pensiun sampai dengan Anda meninggal, disertai dengan kemungkinan pengaruh inflasi tahunan terhadap nilai uang yang ada di negara Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menghitung jumlah pengeluaran rutin dan non-rutin Anda selama satu tahun pada saat ini, kemudian dihitung nilainya setelah dipengaruhi inflasi pada saat Anda memasuki masa pensiun nanti. Ketika nilai masa depan pengeluaran Anda telah diperoleh, Anda dapat lanjut ke perhitungan jumlah uang pensiun yang dibutuhkan selama Anda pensiun nanti agar ketika Anda pensiun, Anda dapat menikmati hidup tanpa harus khawatir terhadap keberlangsungan sumber income Anda. Apabila jumlah tersebut telah diperoleh, maka Anda bisa membagi target dana tersebut dengan masa produktif Anda dalam mencari uang. Dari sini, dapat diperoleh jumlah nominal yang harus ditabungkan setiap bulannya, MULAI SAAT INI.

Dengan mengatur pola pengeluaran kita dan berusaha untuk mendisiplinkan diri untuk menjalani pola tersebut, maka kita dapat menikmati kehidupan masa pensiun yang sejahtera. Ikuti terus berita kami selanjutnya yang akan membahas tentang hal-hal yang harus disiapkan dalam menyusun perencanaan dana pensiun.

Salam Planners

 

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: