Analisa dan Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda!

Dear Planners,

Pada postingan sebelumnya, telah kita bahas langkah-langkah dalam menghitung rasio-rasio kesehatan keuangan. Siang ini kita masih membahas cara untuk menganalisa dan mengevaluasi kesehatan keuangan pribadi dengan mempertimbangkan hasil dari perhitungan rasio-rasio tersebut. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan, khususnya bagi Anda yang memiliki tujuan finansial tertentu di masa datang? Karena, dengan mengetahui kondisi dan posisi kesehatan keuangan kita, kita dapat mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai, sekaligus menentukan langkah-langkah keuangan selanjutnya yang harus diambil  untuk mencapai semua tujuan keuangan kita tersebut.

Adapun hal-hal (pos-pos) yang harus diperhatikan di dalam analisa ini adalah pos dana darurat (emergency fund), tingkat hutang, tingkat tabungan, diversifikasi aset, persiapan pensiun, dan pajak dan distribusi kekayaan. Mari kita bahas semua pos di atas secara lebih detail. Pertama, kita dapat menganalisa pos dana darurat dengan mempertimbangkan rasio likuiditas dan rasio aset likuid terhadap nilai bersih kekayaan. Dalam menganalisa pos dana darurat ini, Anda harus pastikan ketersediaan dana ini dan menentukan apakah dana yang ada sudah cukup dengan kondisi atau situasi Anda. Apabila dana yang telah ada sekarang ini ternyata tidak cukup, periksa kembali apakah ada sumber kas lain atau aset lainnya yang bisa digunakan untuk tujuan sebagai dana dadakan?

Kedua, hitung kesehatan tingkat hutang Anda dengan mempertimbangkan rasio perbandingan hutang terhadap aset, rasio kemampuan membayar hutang, dan rasio kemampuan pelunasan hutang non hipotek. Yang harus diperhatikan adalah level hutang dari ketiga rasio tersebut dan tipe dari hutang-hutang tersebut, apakah untuk masa sekarang atau untuk jangka panjang. Selain itu, periksa juga apakah arus kas atau aset yang ada sekarang ini bisa digunakan untuk mempercepat pelunasan hutang atau untuk membayar lunas semua hutang yang ada.

Ketiga, dengan melihat hasil perhitungan rasio tabungan, Anda dapat menentukan kesehatan tingkat tabungan Anda. Di sini, yang harus diperhatikan adalah banyaknya likuiditas yang ada dan kecukupan jumlah simpanan tersebut untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Keempat, dengan mempertimbangkan hasil perhitungan rasio perbandingan nilai bersih aset investasi terhadap nilai bersih kekayaan, kita dapat mengetahui apakah perbandingannya telah ideal dan apakah komposisi aset-aset yang ada telah tepat dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Kelima, pastikan tersedianya persiapan dana yang cukup untuk menikmati hidup di hari tua (masa pensiun) dengan berinvestasi di instrumen yang tepat. Selain itu, pastikan juga bahwa jumlah dana yang diinvestasikan cukup untuk mencapai tujuan keuangan masa depan dan apakah ada tambahan dana yang diperlukan untuk masa pensiun.

Terakhir, sebagai seorang warga negara, kita tidak mungkin terlepas dari kebijakan pajak yang berlaku. Namun, apabila kita tidak menyertakan perhitungan pajak ini, maka tujuan keuangan kita dapat meleset, karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan target dana yang harus dicapai. Oleh karena itu, Anda harus periksa jumlah investasi yang terkena pajak dan kemungkinan perpindahan investasi kena pajak ini ke dalam investasi lain yang bebas pajak. Selain itu, kita harus pastikan juga apakah kepemilikan properti yang ada telah sesuai dengan rencana distribusi/transfer kekayaan Anda, karena bagaimana pun juga, Anda pasti ingin mewariskan harta yang cukup banyak kepada ahli waris Anda.

Dengan mengetahui keadaan kesehatan dan posisi keuangan pribadi pada saat ini, maka seorang planner dapat menentukan langkah-langkah keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan keuangannya di masa depan. Bagaimana dengan anda?

Salam Planners…

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: