Inflasi, Kawan atau Lawan?

Siang planners..

Kemarin kami telah membahas mengenai apa itu inflasi. Siang ini, kami masih akan membahas tentang inflasi, sebenarnya inflasi itu lawan, ataukah dapat juga menjadi kawan kita?

Berikut bahasannya.

Harga komoditi yang terus meningkat apakah selalu berdampak buruk? Atau ada sisi baik lain dari harga-harga yang selalu meningkat dari tahun ke tahun?

Jika kita hanya melihat dari satu sisi, yaitu nilai uang yang terus menurun, inflasi memang akan selalu menjadi “lawan” kita.

Namun sebenarnya ada satu sisi lain, cara pandang lain dari inflasi. Pernahkan Anda berpikir tentang kenaikan harga tanah, properti, emas, ataupun saham? Kenaikan harga pada ketiga contoh tersebut justru mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Bisa dibayangkan jika harga ketiganya tetap atau malah justru menurun, maka yang akan terjadi adalah pemiliknya mengalami kerugian, karena harga saat menjual akan lebih rendah dibanding harga saat membeli. Jika demikian, tidak akan ada untungnya berinvestasi emas, tanah maupun properti lainnya.

Contoh lainnya adalah yang terjadi di negara Jepang. Pemerintah Jepang selalu berusaha menekan inflasi di negaranya, dan usaha tersebut selalu berhasil. Namun hal ini berdampak pada dunia perbankan. Uang yang ditabungkan di bank maupun lembaga keuangan lainnya tidak memberikan hasil sama sekali karena tidak adanya bunga. Malah jumlah uang yang disimpan menurun karena dipotong oleh biaya operasional lembaga keuangan tempat menyimpan uang.

Kesimpulannya, inflasi ternyata dapat juga menjadi “kawan” kita, tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

Semoga bermanfaat..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: