Mahalnya Sebuah Penundaan (1)

Siang planners..

Hampir tidak ada hal positif yang dihasilkan dari sebuah penundaan dalam melakukan kebaikan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang mahalnya sebuah penundaan dalam perencanaan dana pensiun.

Pensiun bisa jadi merupakan fase menyenangkan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tapi, mempunyai masa pensiun yang menyenangkan tidak semudah yang dibayangkan, dibutuhkan perencanaan yang matang.

Banyak orang yang memasuki usia pensiun namun merasa belum siap karena kurangnya dana yang dibutuhkan selama masa pensiun atau tidak tau harus berbuat apa untuk mengisi masa pensiun. Bagi Anda yang sekarang berada di usia produktif dan hidup dengan menghambur-hamburkan uang tanpa pernah berpikir untuk masa depan terutama merencanakan dana pensiun, bisa dikatakan Anda akan menyesal.

Dibutuhkan pengorbanan untuk bisa mempunyai masa pensiun yang menyenangkan, pertimbangkan hal ini :

Bila Anda ingin uang pensiun sebesar 2 M pada usia pensiun 55 tahun

Usia mulai menabung (tahun)

Besar yang harus ditabung per bulan

25

Rp. 884.765

35

Rp. 2.633.767

45

Rp. 9.763.481

Asumsi tingkat inflasi 10% dan asumsi return investasi 10%.

Penjelasan :

Jika saat ini usia Anda adalah 25 tahun, Anda ingin pensiun di usia 55 tahun, dan Anda ingin saat pensiun nanti Anda memiliki dana pensiun sebesar 2 miliar rupiah,  jika Anda mulai menabung sejak saat ini, maka tabungan per bulan yang diperlukan adalah Rp. 884. 765.

Namun jika Anda menunda menabung hingga usia 35 tahun (menunda selama 10 tahun), yang artinya masa pensiun semakin dekat, maka besar tabungan per bulan yang diperlukan menjadi Rp. 2.633.767.  Jika Anda tunda lagi hingga usia 45 tahun (menunda selama 20 tahun), maka tabungan per bulan yang diperlukan menjadi Rp. 9.763.481. Sungguh jauh bukan?

Semakin dini Anda menyiapkan dana pensiun, semakin ringan tabungan bulanannya.

PAY YOURSELF FIRST!

Sisihkan 20% dari penghasilan Anda untuk tabungan.

Jadi, jangan tunda lagi, persiapkan sejak sekarang.

Jika Anda ingin dihitungkan besar dana yang harus Anda persiapkan untuk dana pensiun Anda dan ingin berkonsultasi dimana sebaiknya berinvestasi untuk dana pensiun, Anda dapat menghubungi kami.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: