Mempersiapkan Dana Mudik

Dear planners..

Tidak terasa Hari Raya Idul Fitri tidak akan lama lagi akan tiba. Bagi Anda yang berencana untuk mudik, sudahkan Anda mempersiapkan dana untuk mudik tahun ini? Jika belum, mari kita persiapkan dana untuk mudik tahun depan.

Kenapa kita mempersiapkan dana mudik untuk tahun depan, padahal mudik tahun ini sudah di depan mata? Ya, karena sudah terlambat bagi kita untuk mempersiapkan dana mudik tahun ini.

Bagi Anda yang tidak mempersiapkan dana mudik untuk tahun ini, maka mau tidak mau Anda harus mempersiapkan dana tunai, mungkin dari  THR yang Anda dapatkan dari perusahaan atau tempat Anda bekerja.

Karena kegiatan mudik biasanya akan berulang lagi tahun depan dan seterusnya, mari kita persiapkan dana mudik tahun depan sejak sekarang agar cicilannya lebih ringan.

Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan :

1. Biaya transportasi

Tetapkan akan menggunakan jenis transportasi apa untuk mudik tahun depan, apakah menggunakan kendaraan pribadi, bis, travel, kereta, kapal laut, atau pesawat. Jika akan menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa menyertakan biaya ganti oli maupun check up kendaraan sebelum mudik, selain dari biaya untuk bahan bakar.

2. Tempat menginap

Apakah akan menginap di rumah orang tua, saudara, atau menginap di hotel, dsb.

3. Biaya makan

Biaya makan selama di perjalanan maupun jika selama di kampung halaman harus menanggung biaya makan sendiri.

4. Oleh-oleh untuk keluarga disana

5. Angpao untuk keluarga disana

Biasanya untuk anak-anak dan/atau anggota keluarga yang sudah tidak bekerja.

6. Biaya emergency

Sebaiknya sediakan dalam bentuk tunai, atau jika memaksa tidak dapat tunai, misal diambil melalui ATM, pastikan ATM bank Anda tersedia di kampung halaman Anda.

Jumlahkan keseluruhan biaya-biaya tersebut, kemudian bagi dengan 11 bulan (karena setiap tahun, Hari Raya Idul Fitri akan maju sekitar 11-14 hari, maka pembaginya adalah 11 bulan), maka diperoleh besar cicilan per bulan yang harus Anda kumpulkan untuk biaya mudik tahun depan.

Selamat mudik.. Semoga selamat sampai tujuan.. Dan selamat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: