Sudah Tepatkah Investasi Anda???

Selamat Siang Planners,

Kemarin Kita sudah membahas mengenai apa itu investasi yang sebenarnya? Setelah mengetahui pengertian investasi, maka Anda diharapkan dapat memilih instrumen-instrumen yang benar-benar merupakan investasi, atau hanya sebutan saja.

Seperti yang tercantum dalam pengertian investasi, tujuan investasi adalah mengharapkan keuntungan walau sifatnya tidak ada kepastian. Namun ini berarti memiliki potensi untung. Sehingga apabila ada instrumen yang memberikan hasil pasti, namun hasilnya adalah pasti rugi, artinya ini tidak termasuk investasi.

Untuk mengetahui untung atau rugi nya Kita dalam berinvestasi pada sebuah instrumen, maka Kita juga harus menetapkan apa tujuan Kita investasi di instrumen tersebut. Karena ini berkaitan erat untuk mengetahui posisi untung atau ruginya.

Mari Kita ambil contoh sebagai berikut :

  • Kita ingin berinvestasi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup sehari hari dari hasil keuntungan investasi tersebut. Seperti yang Kita ketahui, bahwa biaya hidup atau harga barang-barang kebutuhan sehari-hari akan meningkat tiap tahunnya, ini yang disebut sebagai inflasi kebutuhan hidup. Bila pemerintah menyebutkan bahwa laju inflasi tahun tersebut adalah 5 %/tahun, maka instrumen investasi apa yang dapat diambil? Kita mengetahui banyak cara untuk menyimpan uang, misal menabung di bank dengan bunga sekitar 1-2 % per tahun, deposito di bank dengan bunga bersih sekitar 5-6 % per tahun, obligasi sekitar 7-12 % per tahun, saham sekitar 5-40 % per tahun. Kita ketahui bersama bahwa menabung di bank dan deposito serta obligasi pada umumnya memberikan kepastian bunga sekian persen per tahun. Nah untuk kasus ini, bila Kita hanya menabung di bank, sudah jelas Kita PASTI RUGI, karena pengeluaran naik 5 % pertahun, sedangkan uang Kita hanya naik 2 % per tahun. Artinya uang Kita semakin tidak bernilai. Sehingga menabung di bank untuk tujuan ini belum bisa dikatakan sebagai investasi. Sedangkan instrumen lainya (deposito, obligasi, saham) bisa dibilang sebagai instrumen investasi untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Contoh lainnya : Kita ingin mempersiapkan dana pendidikan Anak dengan cara berinvestasi. Menurut survey, biaya pendidikan anak di Indonesia naik sekitar 10-35 % per tahun. Nah instrumen apa saja yang termasuk sebagai investasi? Sudah jelas bahwa menabung di bank atau deposito PASTI RUGI, karena bunga lebih sedikit dibanding inflasi biaya pendidikan, sehingga mereka tidak termasuk sebagai investasi untuk dana pendidikan. Walau dari contoh diatas deposito termasuk sebagai salah satu instrumen investasi. Sehingga yang bisa digunakan sebagai instrumen investasi adalah obligasi (bila inflasi tidak melebihi 12 % per tahun) dan saham. Walau mereka tidak dapat memberikan jaminan kepastian besarnya keuntungan.

Jadi sudah tepatkah investasi yang Anda lakukan selama ini?? Apakah sesuai dengan tujuan Anda berinvestasi??

Bila belum tepat, segeralah mengubahnya ke instrumen investasi yang lebih tepat. Namun perlu pertimbangan satu hal lagi untuk berinvestasi. Apakah itu? Simak kelanjutan topik investasi pada besok siang..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: