Untuk Biaya Kuliah Anak, Yang Mana Pilihan Anda?

Siang planners.

Siang hari ini kami kembali akan membahas tentang perencanaan dana pendidikan anak. Selamat mengikuti.

Pada bahasan Perencanaan Dana Pendidikan (6 – akhir) – Fakultas Kedokteran Umum, kita telah sama-sama menghitung biaya kuliah di fakultas kedokteran umum tahun 2013. Berdasarkan perhitungan tarsebut,  jika saat ini usia anak Anda adalah 5 tahun, maka 13 tahun yang akan datang saat anak Anda kuliah, diperkirakan dibutuhkan biaya sebesar  Rp. 400jt .

Untuk memenuhi biaya tersebut, mana yang Anda pilih :

1. Bagaimana nanti saja, usia anak saat ini masih kecil, masih lama.

Yang perlu Anda pertimbangkan disini antara lain :

  • Semakin menunda, semakin dekat waktunya hingga anak Anda kuliah, semakin besar cicilan yang harus Anda siapkan untuk mencapai Rp. 400jt.
  • Semakin lama, kebutuhan Anda akan semakin meningkat dengan adanya anak kedua, dst.

2.  Jika saatnya tiba nanti anak Anda kuliah, Anda akan meminjam ke bank sebesar  Rp. 400jt dan akan Anda cicil selama sekian tahun.

Yang perlu Anda pertimbangkan disini antara lain :

  • Berapa jarak usia anak pertama Anda dengan anak kedua, dan seterusnya? Jika jaraknya lebih kecil dari jarak pelunasan hutang Anda ke bank, bagaimana dengan biaya kuliah anak kedua Anda?
  • Berapa usia Anda saat itu? Apa masih dalam usia kerja atau sudah masuk usia pensiun? Cukupkah penghasilan Anda saat itu untuk mencicil hutang ke bank?

3.  Jika saatnya tiba nanti anak Anda kuliah, Anda telah memiliki tabungan yang cukup untuk anak Anda. Anda tinggal pergi ke tempat Anda menyimpan uang, mengambil uangnya, dan anak Anda pun dapat kuliah dengan tenang. Anda pun tidak dibayang-bayangi dengan hutang.

Yang mana pilihan Anda?

Tentu pilihan nomer 3 bukan?!

Untuk mencapai pilihan nomer 3, diperlukan rencana yang matang, komitmen, dan pengorbanan untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda. Dan yang tidak kalah penting, mulailah sejak SAAT INI!!!

Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan rekomendasi tempat investasi/tabungan yang cocok untuk Anda sehingga jika saatnya tiba nanti anak Anda kuliah, Anda tinggal mengambil hasilnya seperti pada pilihan nomer 3.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: