Perencanaan Keuangan Pengantin Baru

Siang planners..

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua pribadi dengan sifat yang berbeda, tidak hanya menyatukan dua keluarga besar, namun juga menyatukan keuangan dua orang manusia. Jika sebelumnya saat masih single, masing-masing memiliki kebiasaan dalam mengatur keuangan pribadi, kini saat telah menikah, sepasang pengantin baru harus bisa mengatur, mengelola, dan memiliki perencanaan keuangan bersama. Bagi yang telah lama menikah pun, jika Anda dan pasangan belum memiliki perencanaan keuangan, tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Berikut beberapa tips perencanaan keuangan untuk pengantin baru :

1.  Buatlah rekening bersama.

Tujuannya adalah agar Anda dan pasangan dapat bersama-sama mengontrol pengeluaran. Namun rekening pribadi pun perlu Anda miliki untuk mengatur pengeluaran pribadi.

2.  Buat cashflow bulanan.

3.  Siapkan dana pendidikan anak sedini mungkin.

Ketika Anda dan pasangan masih berdua, belum memiliki anak, justru menjadi saat yang tepat untuk memulai merencanakan pendidikan anak, karena saat berdua seperti ini, pengeluaran belum terlalu besar.

4.  Buatlah perencanaan pensiun sesegera mungkin.

Anda tentu tidak ingin bekerja terus menerus seumur hidup kan?! Suatu saat pasti Anda akan pensiun. Rencanakan lah pensiun Anda sejak sekarang.

5.  Jika ingin memiliki rumah, kini ada fasilitas KPR.

Yang perlu Anda ingat, besar hutang dan/atau cicilan KPR tidak boleh lebih dari 30% penghasilan Anda.

6.  Miliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Ini penting untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan, seperti dirawat di rumah sakit, sakit kritis, ataupun juga meninggal. Untuk memastikan pasangan terjamin jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda.

Jika Anda ingin dibantu untuk merencanakan keuangan Anda dan pasangan, Anda dapat berkonsultasi dengan kami.

Semoga bermanfaat.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: