Perencanaan Dana Sekolah Anak

Selamat Siang Planners,

Pada pembahasan kemarin, Kami telah membahas mengenai perencanaan keuangan sampai dengan pengantin baru. Kami telah menyebutkan tentang beberapa tips perencanaan keuangan sebagai pengantin baru. Salah satunya adalah tentang dana pendidikan anak.

Seperti yang Kita ketahui bersama, pendidikan anak secara formal dimulai dari TK (Taman Kanak-kanak) atau bahkan dari Play Group. Kemudian berlanjut ke Sekolah Dasar, SMP, SMU, kemudian masuk masa perkuliahan. Untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi buah hati Anda, tentu memerlukan investasi biaya yang tidak sedikit. Maka kapankah Kita harus mempersiapkannya, terutama bagi Anda sebagai pengantin baru?

Beberapa tips yang dapat Kami berikan :

  1. Walau Anda belum memiliki anak saat ini, namun berencana memiliki anak di kemudian hari, maka tidak ada salahnya bila Anda menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk mulai menabung demi pendidikan anak Anda.
  2. Mulai mencari sekolah-sekolah terbaik yang akan menjadi tempat calon anak Anda menimba ilmu dan bersosialisasi dengan teman-temannya, serta jangan lupa untuk menanyakan biayanya saat ini, dan persyaratan khususnya. Anggap saja anak Anda mau masuk sekolah tersebut saat ini. Informasi yang Anda dapatkan, dapat memberikan gambaran persiapan apa saja yang harus Anda siapkan baik dari segi finansial, maupun segi kemampuan akademiknya.
  3. Dengan pertimbangan usia masuk anak sekolah tidak dapat ditunda-tunda, jadi semakin dini persiapan yang dapat Anda lakukan, semakin baik hasilnya. Hal ini berlaku khusus untuk persiapan finansial. Jadi semakin lama jangka waktu menabungnya, maka kewajiban rutin menabung Anda tiap waktunya akan terasa lebih ringan.
  4. Komitmen terhadap tujuan Anda. Karena Anda menabung demi mewujudkan dana pendidikan Anak, maka jangan pernah tabungan tersebut diambil bila tidak sesuai dengan peruntukannya.
  5. Tingkatkan jumlah setoran tabungan apabila penghasilan Anda meningkat, atau ada sisa uang bulanan atau bila mendapatkan komisi tambahan yang tidak terpakai.
  6. Evaluasi secara berkala tentang jumlah uang di tabungan yang tersedia, dengan biaya persiapan sekolah Anak. Apabila terdapat kekurangan yang cukup besar, maka usahakan untuk menambah jumlah setoran tabungan pendidikan Anda.

Demikian beberapa tips tentang persiapan awal dana sekolah anak Anda

Semoga Bermanfaat

 

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: