Perencanaan Dana Kuliah Anak

Dear Planners,

Dalam tiap tahapan kehidupan, akan terdapat kebutuhan hidup yang berbeda-beda. Setelah anak Anda mendapatkan sekolah yang terbaik, pada umumnya kedua orang tua akan berusaha memberikan pendidikan yang setinggi-tingginya, yaitu sampai kuliah. Dari semua tahapan pendidikan anak di Indonesia, pada umumnya pendidikan di perguruan tinggi (kuliah) memerlukan biaya yang paling besar.

Sudahkah Anda mempersiapkan dana kuliah anak atau calon anak Anda?

Semua orang tua pada umumnya setuju bahwa pendidikan anak merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masa depan anak. Bila memang sangat penting, sudah selayaknya Anda mempersiapkan dana kuliah tersebut sejak dini.

Berikut beberapa alasan mengapa perencanaan dana kuliah anak perlu dilakukan sejak dini :

  1. Ini merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang tua, demi masa depan anak yang lebih baik. Apalagi untuk beberapa tahun ke depan, pendidikan tinggi merupakan modal utama dalam dunia kerja.
  2. Biaya kuliah pada umumnya jauh lebih besar dari pada tahapan pendidikan lainnya. Sehingga semakin dini dipersiapkan, maka jumlah cicilan tabungan akan semakin kecil.
  3. Perencanaan akan lebih terarah apabila jelas tujuannya. Oleh karena itu, target jurusan saat anak Anda kuliah tentu diperlukan disini supaya biaya kuliah jurusan tersebut dapat diketahui dengan pasti. Pemilihan jurusan ini, dapat dilakukan atas beberapa pertimbangan, yaitu keinginan orang tua terhadap anaknya, atau disesuaikan dengan minat maupun bakat sang anak. Apabila anak masih dalam kandungan atau masih balita, dimana tidak dapat diketahui dengan pasti minat dan bakatnya, maka tidaklah salah bila orang tua yang menetapkan pilihan jurusan kuliah terlebih dahulu. Ingat, tujuannya adalah supaya diketahui besar biaya kuliah pada saatnya nanti, dihitung dari nilai masa depan biaya kuliah saat ini. Selain itu, ini baru perencanaan, artinya masih dapat berubah atau disesuaikan dengan kondisi terkini. Apabila minat dan bakat sang anak berbeda jauh dari yang direncanakan sejak awal, maka Anda dapat merubah perencanaan dana kuliah. Namun perlu diingat, perubahan akan lebih mudah apabila terjadi penurunan biaya kuliah dibandingkan dengan kenaikan biaya kuliah dari yang direncanakan sebelumnya.
  4. Tetapkan biaya kuliah paling mahal, dibandingkan yang paling murah. Artinya pilihlah jurusan yang terbaik di universitas terbaik terlebih dahulu, dibandingkan dengan universitas dan atau jurusan yang biasa-biasa saja. Dengan melakukan hal ini, maka Anda telah mempersiapkan dana semaksimal mungkin. Sehingga apabila anak Anda memilih sesuai dengan rencana ini, maka Anda tidak perlu merasa khawatir untuk mencari kekurangan dana kuliah. Sebaliknya, bila Anda merencanakan yang biasa-biasa saja, maka saat anak Anda memilih jurusan kuliah yang terbaik, Anda harus siap dengan konsekuensinya yaitu kekurangan dana kuliah anak. Bayangkan apabila kekurangan ini baru Anda ketahui 1-2 tahun menjelang anak kuliah, apa Anda masih mampu mempersiapkan kekurangan ini dalam jangka waktu singkat??
  5. Janganlah menunda, selama Anda masih sanggup menyisihkan penghasilan untuk dana kuliah Anak. Dengan melakukan penundaan, maka dampaknya akan sangat bermakna dalam hal cicilan tabungan yang harus dipersiapkan. Kenapa ini terjadi? Karena target akhir rencana menabung tidak dapat diundur, yaitu berakhir di saat anak mau masuk kuliah pada umur 18 tahun. Semakin lama masa menabung, maka jumlah cicilan tabungan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, semakin sedikit masa menabung, maka jumlah cicilan tabungan akan terasa lebih berat. Jadi pahamilah risiko penundaan ini.

Itulah beberapa penjelasan tentang persiapan dana kuliah sejak dini. Simak berita lainnya pada tulisan Kami berikutnya atau yang telah ada sebelumnya.

 

Selamat Berencana

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: