Kenapa Perencanaan Dana Kuliah Anak Perlu Dipersiapkan Sedini Mungkin??

Siang Planners,

Pembahasan pada siang ini masih berkaitan dengan topik sebelumnya, yaitu tentang perencanaan dana kuliah anak. Kenapa perencanaan ini penting dibicarakan atau bahkan dipersiapkan sejak sedini mungkin? Padahal waktunya masih lama sekali. Apalagi bagi Anda pasangan muda yang baru menikah. Simak pembahasannya melalui simulasi contoh sebagai berikut :

Bila Anda pasangan muda yang baru saja menikah, dan berencana punya anak secepatnya, maka paling cepat anak tersebut masuk kuliah 19 tahun sejak saat ini (9 bulan dalam kandungan + 18 tahun usia masuk kuliah). Jadi (calon) anak Anda akan kuliah pada tahun 2032. Misalkan Anda memiliki impian bahwa anak Anda kelak akan mengikuti jejak kedua orang tuanya, yaitu kuliah bagian desain, khususnya mengenai komunikasi visual.

Langkah awal yang perlu Anda ketahui adalah, berapa besar biaya kuliah total untuk jurusan yang dimaksud, berdasarkan universitas yang Anda pilih sebagai yang terbaik. Andaikan pilihan Anda jatuh pada Universitas Kristen Maranatha – Bandung, maka total besarnya biaya kuliah Desain Komunikasi Visual, adalah sekitar Rp 80.000.000 [lihat lampiran]. Ini adalah biaya kuliah tahun 2013. Sedangkan (calon) anak Anda baru akan kuliah tahun 2032. Pertanyaannya adalah apakah biaya kuliah saat ini akan sama dengan biaya kuliah 19 tahun lagi?? Tentu saja jawabannya adalah TIDAK MUNGKIN SAMA. Pasti akan ada kenaikan, yang dinamakan dengan inflasi. Besarnya inflasi pendidikan di Indonesia tidak seragam, rata-rata sekitar 10-30 %/tahun.

Andaikan besarnya inflasi pendidikan saat ini adalah 15 %/tahun, dan tetap selama 19 tahun ke depan. Maka biaya yang awalnya sebesar Rp 80.000.000, akan naik menjadi berapa? Setelah Kami hitung, ternyata biaya tersebut menjadi Rp 1.138.000.000 (tahun 2032). Inilah biaya yang perlu Anda persiapkan pada tahun 2032.

Nah permasalahannya adalah, kapan Anda baru mulai rencana menabung? Bila Anda memutuskan untuk mulai menabung sejak saat ini, maka besarnya uang yang perlu Anda tabung demi kuliah anak adalah sebesar Rp 5.000.000/ bulan.

Namun apabila Anda menganggap bahwa persiapan dana kuliah anak masih terlalu dini untuk dipersiapkan atau bahkan diawasi, maka kapan menurut Anda waktu terbaik untuk membicarakan dan membahas tentang dana kuliah anak.

Andaikan anda beranggapan bahwa persiapan dana kuliah anak paling ideal mulai dilakukan pada saat usia anak 8 tahun, atau dengan kata lain 10 tahun menjelang kuliah yaitu tahun 2022. Pertanyaannya adalah apa saja komponen biaya yang akan berubah? Apakah total biaya pada tahun 2032 akan berubah sesuai dengan keputusan Anda untuk menunda sampai 10 tahun menjelang kuliah? Jawabannya adalah TIDAK, total biaya tahun 2032 tidak berubah walaupun jangka waktu menabung Anda berubah. Jadi apa yang berubah?? Jawabannya adalah cicilan tabungannya, yaitu menjadi Rp 9.500.000/ bulan.

Inilah harga yang harus dibayar akibat penundaan keputusan untuk memulai menabung dana kuliah anak. Jadi kesimpulannya adalah semakin lama jangka waktu menabungnya, maka besar cicilan tabungan akan terasa semakin ringan, dan sebaliknya.

Jadi pentingkah Anda mempersiapkan dana kuliah anak sejak dini?? Bagaimana bila Anda memutuskan untuk menunda?? Siapkah Anda dengan segala konsekuensinya, yaitu berupa meningkatnya jumlah cicilan yang perlu dipersiapkan??

Mari Kita mempersiapkan dana kuliah anak sedini mungkin.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: