Bijak VS Ceroboh

Dear Planners,

Kemarin telah Kita bahas bahwa bagi Anda pasangan muda yang baru menikah dan berencana langsung punya anak, dimana rencana kuliah pada Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Maranatha, maka besarnya tabungan yang harus dipersiapkan sejak sekarang adalah sebesar Rp 5.000.000/ bulan. Sedangkan bila menunda menabung saat anak berusia 8 tahun, maka besarnya tabungan menjadi Rp 9.500.000/ bulan.

Bagaimana dengan kemampuan finansial Anda saat ini untuk menyisihkan penghasilan bulanan Anda, yang dialokasikan untuk perencanaan dana kuliah Anak?? Apabila penghasilan bersih bulanan Anda sebesar Rp 10.000.000/ bulan, maka siapkah Anda mulai menabung untuk dana kuliah anak??? Tentu saja agar keuangan keluarga Anda sehat, maksimal 20 % dari penghasilan tersebut,baru dapat digunakan sebagai cicilan tabungan jangka panjang. Artinya hanya Rp 2.000.000/ bulan yang dapat digunakan untuk menabung. Sedangkan agar anak dapat kuliah di tempat yang dituju, maka minimal Anda harus menabung Rp 5.000.000/ bulan. Terlihat bahwa sangat berbeda jauh perbedaan antara kemampuan finansial saat ini terhadap impian kuliah anak Anda.

Jadi apa yang harus Anda lakukan agar dapat mewujudkan impian tersebut??

Tentu saja Anda harus berusaha untuk menambah penghasilan bulanan Anda secepatnya. Kemudian muncul pertanyaan kembali, kalau begitu kapan Anda baru mau mulai menabung? Apakah menunggu penghasilan menjadi semakin besar terlebih dahulu? Atau memulai menabung sejak saat ini berdasarkan kemampuan finansial yang ada saat ini? Manakah keputusan Anda??

Apabila Anda memutuskan untuk memulai menabung saat ini juga dengan kemampuan finansial sesuai batas maksimal, yaitu Rp 2.000.000/ bulan, selama 9 tahun. Maka besar cicilan tabungan lanjutannya adalah hanya Rp 7.700.000/ bulan.

Bandingkan dengan pilihan lainnya, yaitu menunda tabungan saja, maka tabungan yang seharusnya dipersiapkan adalah Rp 9.500.000/ bulan.

Manakah keputusan yang akan Anda pilih?? Mulai menabung semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan finansial yang ada saat ini, kemudian diupayakan penambahan kemampuan finansial secepatnya, ATAU menunda kegiatan menabung, sampai penghasilannya meningkat??

Pilihan pertama adalah pilihan BIJAK. Sedangkan pilihan kedua adalah pilihan yang CEROBOH.

Selamat Berencana

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: