Perencanaan Dana Pensiun-KU

Siang Planners,

Kemarin siang Kami telah membahas tentang perencanaan dana pensiun! Dimana besarnya dana pensiun tiap orang akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing. Nah, yang jadi pertanyaan, bagaimana kebutuhan dan gaya hidup Kita saat pensiun? Berapa besar dana yang harus disiapkan tiap tahunnya?

Jawaban atas pertanyaan tersebut berada pada pertanyaan “Bagaimana gaya hidup Kita pada saat pensiun? Apakah ingin kurang dari pada sekarang, atau lebih, atau minimal sama spt sekarang?” Kami selalu menyarankan supaya gaya hidup minimal tetap, jangan pernah dikurangi. Karena penurunan gaya hidup dapat menyebabkan hidup Anda seperti menyedihkan, sia-sia kerja Kita selama ini. Karena pensiun merupakan waktunya untuk menikmati hasil jerih payah Kita selama ini.

Kalau kebutuhan hidup, seiring dengan perubahan gaya hidup. Semakin bertambah gaya hidup seseorang, maka semakin bertambah pula kebutuhan hidup dan biayanya. Kalau Kita bicara masa depan, dengan kebutuhan hidup yang sama, biaya hidup akan semakin meningkat karena terpengaruhi oleh faktor inflasi.

Kesimpulannya : besarnya dana pensiun seseorang dapat diketahui jika Kita mengetahui kebutuhan hidup dan gaya hidupnya saat pensiun tiba. Gaya hidup dan kebutuhan hidup saat pensiun tercermin dari gaya hidup dan kebutuhan hidup saat ini. Tentunya setiap orang ingin gaya hidup dan kebutuhan hidupnya saat pensiun mini al sama seperti kondisi saat ini bukan? Sedangkan faktor inflasi tidak lupa disertakan dalam perhitungan besar dana pensiun tersebut. Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mengetahui berapa lama atau sampai umur berapa dana pensiun ini harus dikumpulkan? Memang benar Kita tidak mengetahui umur seseorang akan sampai usia berapa, karena ini rahasia Sang Pencipta. Namun Kita dapat berasumsi berdasarkan yang telah terjadi pada keluarga Kita, dengan garis keturunan yang terdekat, dan jenis kelamin sama. MIsal : Bapak A ingin tahu umur harapa hidupnya sampai berapa lama? Nah Bapak A harus cari tahu keturunan diatasnya meninggal diusia berapa? Keturunan diatasnya yang dimaksud adalah Ayah, Kakek dari ayah, Kakek Buyut dari kakek, dan seterusnya. Nanti Kita ambil usia rata-ratanya.

Simak kelanjutan beritanya pada besok siang tentang contoh konkrit besar dana pensiun yang harus dikumpulkan, akan dibandingkan antara dimulai sejak saat ini juga, dengan dimulai saat nabung dana pendidikan selesai.

Selamat Beraktivitas

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: