Perencanaan Warisan : Dana Duka

Dear Planners,

Kematian adalah kata-kata yang jarang sekali ingin diucapkan apalagi dibahas oleh tiap orang. Karena ini adalah dianggap sebagai hal yang tabu, atau bentuk doa. Namun pada hakikatnya, semua manusia pasti akan meninggal dunia, meninggalkan kenangan yang mendalam.

Akan tetapi ternyata meninggal akan meninggalkan serangkaian masalah terutama yang berhubungan dengan finansial terhadap keluarga yang ditinggalkan. Apakah Kita sebagai manusia yang pasti akan meninggal akan membiarkan keluarga yang Kita cintai menjadi kerepotan atau bahkan bertikai karena masalah kematian ini?

Apa yang perlu Kita persiapkan, agar KIta dapat meninggal dunia dengan tenang, tanpa ada rasa repot dari keluarga ?

  1. Pilihlah metode pengurusan jenasah KIta sejak dini melalui surat wasiat, apakah ingin di kremasi, atau dikuburkan?
  2. Bila ingin dikuburkan, maka dimanakah lokasi pastinya?
  3. Pastikan apakah selepas Kita meninggal, tidak terdapat utang-utang yang belum lunas, atau terdapat cicilan yang masih berlangsung.
  4. Ingat akan perayaan beberapa hari atau bulan setelah Kita meninggal, tentunya perayaan tersebut juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pertanyaannya, apakah seluruh biaya tersebut Kita limpahkan kepada ahli waris? Tentu saja tidak bukan? Kita tidak ingin merepotkan keluarga yang ditinggalkan. Inilah gunanya persiapan warisan yang gunanya sebagai dana duka. Melalui perhitungan yang tepat sesuai dengan keinginan Kita, maka tentunya ahli waris tidak perlu terlalu repot. Ahli waris hanya membantu mengelola warisan tersebut agar tujuan tercapai. Hal yang perlu di evaluasi terus secara berkala adalah tentang ada atau tidaknya hutang-hutang yang masih berjalan, terutama bagi Anda seorang pebisnis.

Jadi, sangat penting membuat perencanaan warisan berupa dana duka atau kematian kan?

Selamat berencana

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: