Target Finansial Di Usia 20-an

Siang planners..

Setelah beberapa hari kemarin kita membahas tentang warisan, siang ini dan dalam beberapa hari ke depan, kita akan membahas tentang target-target finansial di usia 20-an. Selamat mengikuti.

Usia awal 20-an biasanya orang akan mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Namun demikian, banyak anak muda di usia awal 20-an yang terlena dengan jiwa mudanya sehingga menghambur-hamburkan uangnya tanpa memikirkan masa depan.

Sangat bijak jika sejak mulai mendapat pekerjaan, kita belajar memanage keuangan pribadi, sehingga saat tiba di usia akhir 20-an, kita tidak menyesal kenapa setelah sekian lama bekerja, keuangan masih kacau, bahkan tidak bersisa entah kemana.

Berikut adalah beberapa target financial yang dapat mulai Anda pikirkan dan persiapkan di usia 20-an :

  1. Persiapkan dana darurat

Untuk Anda yang masih single, besar dana darurat adalah 3-6 bulan gaji Anda. Sedangkan bagi yang telah berkeluarga, besarnya adalah 6-12 bulan gaji. Tujuan mempersiapkan dana darurat adalah apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dan Anda berhenti bekerja, maka Anda dapat bertahan hidup tanpa pemasukan selama sekian bulan sesuai dana darurat yang Anda persiapkan.

Simpan dana darurat pada rekening terpisah. Dana darurat hanya digunakan pada situasi yang benar-benar mengharuskan Anda  mengambilnya. Jika telah menggunakannya, Anda berkewajiban mengganti hingga jumlahnya kembali seperti semula.

2. Miliki asuransi

Mobil dan rumah saja diasuransikan, bagaimana dengan diri kita sendiri? Padahal asset utama kita, mesin pencari uang adalah diri kita ini. Memilih dan membeli asuransi bukan berarti berencana untuk sakit maupun meninggal, sama halnya dengan kita mengasuransikan mobil, bukan berarti kita merencanakan mobil kita untuk hilang maupun mengalami kerusakan akibat kecelakaan.

Asuransi akan melindungi asset maupun tabungan Anda. Jika sewatu-waktu Anda sakit, maka Anda tidak perlu menarik tabungan Anda untuk biaya pengobatan karena perusahaan asuransi yang akan membayarkannya. Milikilah asuransi. Jika Anda masih bingung dalam memilih asuransi yang pas, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan kami.

3. Persiapkan dana pensiun sejak dini

9 dari 10 orang Indonesia tidak siap memasuki usia pensiun akibat ketidaksiapan financial pada saat usia pensiun.

4. Mulai mencicil rumah

Walaupun usia masih kepala dua, tidak ada salahnya jika Anda mulai berpikir untuk memiliki rumah. Kini ada fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hal yang perlu dipertimbangkan adalah, cicilan bulanan KPR Anda tidak boleh lebih dari 30% pendapatan bulanan Anda.

5. Mulai Investasi

Anda tentu tidak ingin di saat Anda memasuki usia kepala 3 nanti Anda terkaget-kaget karena telah lama bekerja namun penghasilannya menguap entah kemana. Untuk itu mulailah berinvestasi.

6. Bijak menggunakan kartu kredit

Bagi Anda yang berencana/telah memiliki kartu kredit, gunakanlah secara bijak, jangan sampai Anda terjerat oleh khutang kartu kredit.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: