Target Finansial Di Usia 20-an : Mulai Investasi

Siang planners..

Siang ini kami masih akan membahas tentang target finansial di usia 20-an. Selamat mengikuti.

Kapan saat yang tepat untuk memulai investasi?

Jawabannya adalah saat mulai memiliki penghasilan. Jadi walaupun saat ini usia Anda masih kepala 2, atau malah masih awal 20-an namun telah memiliki penghasilan, baik tetap maupun tidak tetap, inilah saat yang tepat untuk memulai investasi.

Dimana dapat berinvestasi?

Jangan memasukkan seluruh dana Anda pada satu keranjang, maksudnya harus ada porsi tabungan, investasi untuk jangka pendek, dan investasi untuk jangka panjang.

Investasi untuk tujuan jangka pendek (1-5 tahun), pilihlah instrument investasi yang lebih likuid dengan resiko rendah seperti deposito. Dalam berinvestasi ada prinsip “High risk, high return. Low risk, low return”. Semakin tinggi resiko investasi, hasil investasi pun akan semakin tinggi. Demikian sebaliknya, semakin rendah resiko investasi, semakin rendah pula hasil investasinya. Deposito termasuk instrument investasi dengan resiko yang rendah, sehingga hasil/bunganya pun rendah, sekitar 4-6% per tahun.

Investasi untuk tujuan jangka menengah (5-10 tahun), pilihlah instrument investasi dengan resiko sedang seperti obligasi, dengan hasil investasi sebesar 8-12% per tahun.

Investasi untuk tujuan jangka panjang (>10 tahun), Anda dapat memilih instrument investasi yang tidak terlalu likuid dengan resiko tinggi seperti obligasi dan saham. Seperti prinsip yang telah disebutkan di atas, instrument investasi jenis ini karena memiliki resiko yang tinggi, maka hasilnya pun relative tinggi. Obligasi dapat memberikan return sekitar 8-12% per tahun, sedangkan saham 10-40% per tahun.

Bagaimana dengan bank?

Anda tetap harus memiliki rekening tabungan di bank untuk menyimpan dana darurat dan untuk keperluan sehari-hari, namun untuk tujuan jangka menengah apalagi tujuan jangka panjang, kurang bijak jika Anda menyimpannya di bank. Mengapa? Dapat Anda simak pada bahasan tentang Rata-Rata Inflasi Indonesia bahwa angka inflasi Indonesia berkisar antara 10% per tahun. Sedangkan bunga bank sekitar 1-2% per tahun. Artinya uang Anda bertambah dengan adanya bunga, namun secara nilai, nilai uang Anda menurun sebesar 8-9% per tahun. Untuk itu, dalam berinvestasi, pilihlah instrument investasi dengan return di atas angka inflasi.

Selamat memulai investasi.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: