Target Finansial Di Usia 30-an : Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Siang planners..

Pada kesempatan kali ini, kami masih akan membahas tentang target finansial di usia 30-an. semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang telah menikah, mungkin di usia 30-an ini Anda telah memiliki anak. Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk menjamin kelangsungan pendidikan anak-anaknya. Anda tentu ingin anak Anda nantinya dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin.

Tapi tahukah Anda bahwa menurut survey, biaya pendidikan di Indonesia meningkat 20-35% per tahun. Bias dibayangkan, berapa biaya yang diperlukan saat anak kita saatnya sekolah nanti. Jenjang pendidikan dimulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan kuliah. Anda dapat mempersiapkan biaya untuk seluruh jenjang pendidikan, namun jika saat ini penghasilan Anda belum memungkinkan untuk mempersiapkan dana untuk seluruh tahap pendidikan, Anda dapat memprioritaskan salah satu tahap, persiapkanlah dana pendidikan untuk tahap yang memerlukan dana paling besar, yaitu kuliah.

Untuk mempersiapkannya, langkah pertama adalah Anda harus mengetahui kemana Anda ingin anak Anda nantinya kuliah, meliputi kota tempat kuliah, universitas apa, dan jurusan apa?

Langkah kedua, cari informasi mengenai biaya pendidikan di universitas dan jurusan yang Anda inginkan, bias meliputi biaya masuk, biaya semester, dsb. Lalu akumulasikan seluruhnya.

Langkah ketiga, karena factor inflasi 20-35% tadi, maka biaya kuliah di masa depan akan lebih tinggi disbanding biaya saat ini. Hitung nilai masa depan akumulasi dana tersebut . Anda dapat menggunakan kalkulator nilai masa depan untuk menghitungnya.

Langkah keempat, bagi nilai masa depan yang telah Anda hitung dengan tahun yang tersisa hingga anak Anda kuliah.

Langkah terakhir, bagi angka yang diperoleh pada langkah keempat dengan 12 bulan, maka diperoleh besar cicilan bulanan yang harus Anda simpan setiap bulannya.

Untuk simulasi perhitungan berdasarkan contoh kasus, dapat Anda simak pada bahasan Mahalnya Sebuah Penundaan (2)

Selamat berencana.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: