Tips Mengumpulkan Dana Qurban

Dear Planners,

Setiap tahun umat Muslim disunnahkan untuk berqurban berupa hewan ternak, yaitu sapi, domba, onta, kambing, atau kerbau. Namun, mengapa ada orang yang bisa berqurban setiap tahun, walaupun secara penghasilan dia terlihat kurang mampu dan ada yang tidak bisa seperti itu padahal orang tersebut berpenghasilan tinggi? Hal ini kembali kepada cara kita mengatur anggaran keuangan. Biasanya kita merasa berat untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekaligus, bukan? Oleh karenanya, perlu dibuat suatu anggaran khusus agar kita bisa mencicil dana tersebut setiap bulannya.

Bagian untuk masing-masing hewan qurban berbeda-beda, tergantung jenis hewannya. Contohnya, satu ekor hewan qurban kecil seperti domba dan kambing untuk qurban satu orang, dan satu ekor sapi, onta, atau kerbau untuk qurban tujuh orang. Biasanya harga hewan qurban setiap tahunnya dapat kita perkirakan, dengan kenaikan harga 10 persen pertahunnya. Contohnya, apabila satu ekor sapi jenis Limousine pada tahun ini adalah sekitar Rp. 12.000.000 sampai dengan 15.000.000, maka pada tahun depan, harganya dapat naik menjadi Rp. 13. 200.000 – 16.500.000 per-ekor. Setiap keluarga yang mampu hanya diwajibkan untuk berqurban minimal untuk satu orang per-tahunnya.

Katakanlah pada tahun ini Anda berqurban untuk jatah satu orang dengan harga sapi Rp. 14.000.000,- (Rp. 2.000.000 per-orang), maka untuk tahun depan anda harus siapkan dana sebesar Rp. 2.200.000,- untuk jatah satu orang dengan hewan qurban yang sama. Karena perhitungan kalender Hijriah berdasarkan perputaran bulan, maka satu tahun Hijriah bisa setara dengan 10 bulan Masehi. Kita bagi saja Rp. 2.200.000 tadi dengan 10 bulan, akan didapat Rp. 220.000,- perbulan.

Uang Rp. 220.000,- ini dapat diposkan dengan dua cara. Pertama, ketika Anda menerima gaji, Anda sisihkan dahulu minimal 10 persennya untuk dana zakat dan shadaqah. Cara kedua, Anda bisa sisihkan dari uang belanja harian Anda sebesar Rp. 7.500 – Rp. 10.000 perhari. Dengan cara ini, insyaAllah Anda tidak akan merasa berat untuk berqurban setiap tahunnya.

Mari kita biasakan untuk berqurban minimal untuk satu orang anggota keluarga kita setiap tahun, agar rejeki kita senantiasa bersih dan berkah bagi sesama….

Seperti yang difirmankan di dalam Al-Qur’an:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya: “Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Q.S. al-Kautsar: 2).
Dan dikisahkan oleh Zaid bin Arqam tentang percakapan antara Rasulullah SAW dan para sahabatnya, yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah.

Saat itu para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah qurban itu?

“Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim,” jawab Rasul.
“Apakah keutamaan yang akan kami peroleh dengan qurban itu?” para sahabat bertanya lagi.
Jawab Rasulullah, “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”
“Bagaimana dengan bulu-bulunya, ya Nabi?”
“Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan,” jelas Nabi kemudian.

Selamat Idul Adha, Planners…

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: