Langkah Keenam Cerdas Finansial Bagi Single Mom: Ajari Anak Anda Menghargai dan Mengatur Uang

Dear Planners,

Sebagai orangtua, pada dasarnya kita ingin selalu bisa memenuhi semua keinginan anak-anak kita, bukan? Namun, karena kemampuan kita pada saat ini terbatas, seringkali kita tidak bisa memenuhi keinginan-keinginan tersebut. Apabila anak tidak mau mengerti keadaan orangtuanya, mereka akan cenderung marah dan tidak mau makan. Oleh karena itu, kita harus menanamkan kesadaran anak untuk lebih menghargai uang dan mengerti kondisi orangtuanya yang sewaktu-waktu bisa serba kekurangan.

Mengajari anak untuk lebih menghargai uang sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil setiap hari di rumah. Pertama, jangan biasakan anak untuk jajan. Sediakan menu variatif dan camilan-camilan kecil yang sehat dan bergizi supaya anak tidak jajan di luar. Apabila anak menangis, jangan menyelesaikannya dengan mengajak jajan ke warung. Hal ini akan membentuk pola pikir dan kebiasaan yang tidak baik bagi anak Anda. Nantinya, bisa-bisa anak akan terbiasa menyelesaikan masalah dengan berbelanja dan tidak bisa menghargai uang.

Kedua, berikan uang saku secukupnya dan biasakan anak untuk menabung di sekolah. Ajarkan anak untuk mengatur uang jajannya sendiri supaya cukup untuk menabung, makan siang, dan ongkos pulang-pergi ke sekolah. Kalau bisa, biasakan anak untuk membawa bekal dari rumah, sehingga Anda tidak perlu mencemaskan makan siangnya di sekolah.

Ketiga, beri pengertian kepada anak bahwa mencari uang itu tidak mudah. Apabila dia ingin menambah uang sakunya, anak harus “bekerja” terlebih dahulu. Misalnya, dengan membantu ibu belanja ke warung atau jualan peralatan tulis di sekolah, dan lain sebagainya, sehingga anak akan tahu bahwa untuk mendapatkan uang, dibutuhkan pengorbanan berupa kerja keras, sehingga dia akan berpikir dua kali sebelum menghabiskan uangnya.

Apabila anak Anda diajarkan untuk menghargai uang sejak dini, mereka akan menjadi wise spender, yaitu orang yang tahu bagaimana mengatur keuangan dengan baik sehingga tidak boros. Tentunya Anda tidak ingin anak Anda tumbuh menjadi orang yang boros, bukan?

Salam Perencanaan dan selamat menikmati akhir pekan Anda…

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: