Tips Ajarkan Anak Tentang Keuangan

Siang planners..

Kita tentu ingin anak kita nantinya bisa mandiri termasuk dalam hal mengelola keuangannya sendiri. Mengajarkan anak tentang keuangan tidak harus menunggu anak menempuh sekolah menengah. Sejak dini, anak juga bisa diajarkan pengelolaan keuangan.

Berikut caranya :

1.  Belajar menabung

Ajarkan anak betapa pentingnya menabung untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Misalkan anak ingin membeli mainan, ajak mereka untuk menyisihkan uang jajannya setiap hari. Jika uang sudah terkumpul, ajak mereka bersama-sama membeli mainan yang diinginkan.

2.  Belajar membuat anggaran

Sejak usia muda, kenalkan anak dengan benda-benda yang berhubungan dengan keuangan, misal uang, koin, struk belanja, dsb. Sampaikan juga kepada mereka berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu barang. Dengan begitu anak akan berpikir tentang anggaran uang yang harus disiapkan untuk berbelanja.

3.  Belajar mengelola anggaran sendiri

Jika anak sudah beranjak remaja, Anda dapat mengajarinya mengelola anggaran sendiri. Bisa dengan memberi uang saku bulanan. Dengan begitu anak akan belajar mengelola keuangan sendiri. Dan jika ingin mendapatkan barang yang harganya di atas uang saku bulanannya, anak sudah terbiasa untuk menabung.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: