Tips Ajarkan Anak Untuk Berhemat

Siang planners..

Kita tentu tidak ingin anak kita kelak menjadi anak yang boros dan tidak dapat mengelola keuangannya sendiri. Mengajarkan anak tentang pengelolaan keuangan dan mengajarkannya kebiasaan hidup hemat dapat dilakukan sejak usia dini. Berikut tipsnya :

1.  Buatlah daftar kebutuhan belanja anak

Dengan santai, ajaklah anak untuk terlibat dalam penyusunan anggaran belanja bulanan untuk anak. Anda dapat menyampaikan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka setidaknya untuk satu bulan ke depan. Dengan demikian anak akan belajar untuk bertanggung jawab pada apa yang mereka inginkan.

2.  Libatkan anak dalam belanja kebutuhannya

Setelah daftar belanja selesai disusun kini tiba saatnya untuk membeli keperluan anak. Ajaklah anak untuk berbelanja keperluan mereka. Belilah keperluan sesuai dengan daftar yang telah dibuat.

3.  Belikan celengan

Mengajarkan anak berhemat dapat juga dengan membelikan mereka celangan. Ajak mereka untuk menyisihkan uang jajannya untuk dimasukan ke dalam celengan. Semangati mereka dengan menawarkan barang yang akan dibeli saat uangnya sudah terkumpul.

4.  Buatkan rekening khusus untuk anak

Jika uang yang terkumpul di celengan telah banyak, Anda juga bisa membuatkan rekening khusus anak di bank. Saat ini terdapat bank yang menawarkan rekeing khusus anak dengan buku rekening yang lucu.

5.  Mengelola uang sendiri

Percayakan anak untuk mengelola keuangannya sendiri. Misal dengan memberinya jatah uang jajan mingguan atau bulanan. Dengan demikian mereka akan belajar mengelola dan bertanggung jawab pada keuanngan mereka sendiri.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: