Investasi Syariah

Salah satu cara mengelola penghasilan adalah melalui investasi. Namun, dalam prakteknya masih banyak ummat Islam yang takut untuk berinvestasi karena takut haram dengan adanya unsur riba’. Sebenarnya kita khususnya umat muslim bisa berinvestasi dengan “aman” melalui investasi yang berbasis syariah. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan investasi syariah dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita simak postingan berikut ini.

Yang dimaksud dengan investasi syariah adalah investasi yang sesuai dengan prinsip syariah dan tidak mengandung riba. Biasanya investasi syariah dilakukan pada efek-efek yang diterbitkan oleh pihak (emiten) yang jenis kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan syariat Islam. Jadi, di sini sangat dihindari berinvestasi pada perusahaan yang bergerak pada bidang perjudian atau permainan yang tergolong judi atau perdagangan yang dilarang. Selain itu, investasi pada produk keuangan konvensional (perbankan dan asuransi konvensional) juga dihindari karena mengandung riba. Perusahaan yang memproduksi, mendistribusi, serta menyediakan makanan dan minuman haram, juga barang-barang atau jasa yang merusak moral dan membawa mudharat juga dihindari dari investasi syariah.

Karena tujuan utama dalam investasi syariah adalah untuk mencapai berkah dari ridho Ilahi, maka selain memperhatikan “kebersihan” perusahaan (emiten) dari hal-hal yang haram, jenis transaksi juga harus diperhatikan. Pemilihan dan pelaksanaan transaksi investasi pada investasi syariah harus dilaksanakan menurut prinsip kehati-hatian (prudential management) dan tidak berspekulasi.

Prinsip dasar dalam transaksi syariah adalah sebagai berikut:

  1. Ada kebebasan membuat kontrak berdasarkan kesepakatan bersama dan kewajiban memenuhi akad.
  2. Ada pelarangan dan penghindaran terhadap riba (bunga), maysir (judi), dan gharar (ketidakjelasan).
  3. Ada etika (akhlak) dalam melakukan transaksi.
  4. Ada dokumentasi (perjanjian/akad tertulis) dalam transaksi.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: