Karakteristik Produk Investasi Syariah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dear Planners,

Kemarin kita telah membahas tentang prinsip dasar investasi syariah. Namun, pada umumnya kita masih belum mengenal produk apa saja yang termasuk investasi syariah? Sebelum kita membahas satu-persatu mengenai produk investasi syariah, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari produk syariah secara umum.

1. Sistem Bagi Hasil (Nisbah)

Apabila berinvestasi pada produk keuangan yang berbasis syariah, nasabah tidak akan mendapat keuntungan berupa bunga, melainkan persentase bagi hasil (nisbah) yang diperoleh dari pengelolaan uang nasabah. Misalnya, disepakati pembagian hasil 55 persen keuntungan untuk nasabah dan 45 persen untuk lembaga keuangan.

2. Keuntungan yang Lebih Adil

Walaupun nisbah telah disepakati sejak awal, nasabah dan lembaga keuangan tidak bisa mengetahui hasil pasti yang akan diterima oleh kedua belah pihak, sebelum hasil usaha lembaga keuangan tersebut diketahui di akhir periode yang telah ditentukan. Tidak seperti sistem bunga di mana nasabah bisa mengetahui hasil yang akan diperolehnya sejak awal dari persentase bunga, berapa pun keuntungan atau kerugian dari usaha yang dilakukan oleh lembaga keuangan konvensional tersebut. Namun, dengan sistem bagi hasil pada investasi syariah, nasabah dan lembaga keuangan berbagi keuntungan dengan lebih adil. Dengan demikian, nasabah juga mendapat kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada dengan sistem bunga.

3. Jaminan Dana Nasabah oleh Pemerintah

Secara teori, apabila lembaga keuangan mengalami kerugian, nasabah juga akan menanggung risiko tersebut. Namun, pihak lembaga keuangan akan berusaha keras untuk menghasilkan keuntungan. Selain itu, seperti halnya menabung di tabungan konvensional, dana tabungan dan deposito syariah di bawah 100 juta rupiah dijamin oleh pemerintah.

4. Fasilitas Pembersihan Harta secara Otomatis

Pada umumnya produk investasi syariah memiliki fasilitas pembersihan harta hasil investasi berupa pengeluaran zakat secara otomatis baik oleh pihak lembaga keuangan syariah atau oleh Anda sendiri.

Sekian ulasan kami mengenai karakteristik investasi syariah. Pada postingan berikutnya, kami akan membahas satu-persatu tentang produk apa saja yang terdapat pada investasi syariah.

Wabillahi taufiq walhidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: