Langkah Pertama Menuju Kebebasan Finansial: Tentukan Tujuan Anda

Dear Planners,

Kemarin telah kita sebutkan tujuh langkah yang bisa kita ambil untuk mencapai kebebasan finansial. Sekarang, mari kita bahas satu-per-satu masing-masing langkah yang telah disebutkan kemarin, dimulai dengan langkah pertama, yaitu tentukan tujuan Anda dengan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Time Bound). Dalam menentukan SMART goal ini, ada beberapa langkah yang harus diambil, yaitu:

1. Deskripsikan dengan jelas mimpi Anda

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mulai dengan membuat gambaran kebebasan finansial seperti apakah yang Anda inginkan; apakah Anda sekedar ingin dapat tetap hidup berkecukupan tanpa terikat waktu untuk bekerja atau Anda juga ingin agar Anda bisa menikmati kemewahan hidup yang lainnya, seperti jalan-jalan keluar negeri, menyekolahkan anak di sekolah terbaik, dan sebagainya. Intinya, Anda harus bisa menggambarkan dengan jelas impian-impian Anda.

2. Tentukan waktu yang tepat untuk merealisasikan mimpi Anda

Setelah Anda gambarkan impian Anda secara mendetail, mari kita tentukan kapan Anda akan mewujudkan mimpi Anda tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa membuat perencanaan dan perhitungan yang matang untuk mencapai impian Anda.

3. Estimasikan dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan impian Anda

Setelah Anda jelaskan dengan rinci dan tetapkan waktu yang tepat untuk merealisasikan impian Anda, sekarang Anda buat perhitungan besarnya dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan impian tersebut.

4. Tentukan langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mencapai impian Anda

Setelah mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk mencapai impian Anda, sekarang Anda tentukan langkah-langkah apa yang bisa Anda lakukan mulai hari ini sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan untuk merealisasikan impian Anda.

Contoh dalam menentukan SMART goal ini adalah sebagai berikut:

“Di usia X tahun, saya ingin dapat hidup berkecukupan tanpa harus bekerja. Untuk merealisasikan mimpi saya ini, saya membutuhkan dana sebesar Rp. X, yang akan saya kumpulkan dari sekarang sebesar Rp. X perbulan dalam bentuk investasi X dengan imbal hasil sebesar X% per tahun.”

X pada SMART goal di atas silakan Anda isi sendiri sesuai dengan impian dan kebutuhan Anda masing-masing. Membuat tujuan yang SMART cukup mudah, bukan? Pada tulisan selanjutnya, kita akan bahas lebih lanjut mengenai langkah kedua menuju kebebasan finansial: hitung kekayaan Anda dan deteksi arus kas Anda. Stay tuned…

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: