Langkah Kedua Menuju Kebebasan Finansial: Periksa Kesehatan Finansial Anda (1)

Dear Planners,

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang langkah pertama menuju kebebasan finansial, yaitu menetapkan dengan SMART tujuan/impian yang ingin dicapai. Sekarang, kita akan lanjut kepada langkah kedua menuju kebebasan finansial, yaitu periksa kesehatan finansial/keuangan. Ibaratnya kita akan mengikuti kejuaraan lomba lari, memeriksa kesehatan finansial kita sebelum dan secara reguler setelah setiap babak penyisihan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, agar kita bisa mengatur strategi dan mengetahui kemajuan dari semua usaha yang telah kita lakukan dalam meraih mimpi kita.

Kesehatan finansial dapat diketahui dengan memeriksa seberapa kayanya kita dan mendeteksi ke mana perginya uang kita. Yang disebut dengan kaya adalah apabila jumlah kekayaan lebih besar daripada jumlah hutang. Untuk itu, Anda perlu menjabarkan daftar kekayaan dan hutang Anda pada kolom Neraca, agar Anda mengetahui posisi kekayaan Anda saat ini, dan selanjutnya secara berkala (3-6 bulan sekali). Setelah itu, deteksi ke mana saja perginya uang Anda, dengan mengisi kolom Arus Kas setiap bulan. Dengan mengisi kolom Arus Kas, Anda bisa mengetahui seberapa boros atau seberapa ketatnya Anda dalam mengatur keuangan, sehingga Anda dapat mengetahui dengan pasti ke mana saja perginya uang Anda.

1. Kolom Neraca

Di Kolom Neraca (Klik sini), Anda bisa menjabarkan semua kekayaan dan hutang Anda, yang dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

a. Harta likuid (Harta lancar)

Harta likuid adalah harta yang mudah dijual untuk mendapatkan sejumlah uang tunai, apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Harta ini dibagi lagi menjadi:

1) Harta simpanan (harta yang dapat dicairkan dalam waktu di bawah 1 tahun), seperti tabungan, giro, deposito, dan reksa dana pasar uang.

2) Harta investasi (harta yang diharapkan dapat memberi suatu pendapatan tetap yang berkala atau kenaikan atas modal), seperti saham, obligasi, reksa dana selain pasar uang, dan emas batangan.

b. Harta tidak likuid (harta tidak lancar)

Harta tidak likuid adalah harta yang tidak mudah dicairkan dalam waktu singkat. Harta ini dapat dibagi menjadi:

1) Harta konsumsi, yang digunakan sehari-hari dan merupakan bagian dari kegiatan kehidupan Anda. Contohnya: rumah tinggal, kendaraan, furnitur, perhiasan yang dipakai, dan barang warisan.

2) Harta investasi, yang tidak digunakan untuk keperluan konsumsi (kegiatan sehari-hari), karena mengharapkan adanya pendapatan tetap berkala atau kenaikan modal dari kepemilikan harta tersebut. Contohnya: rumah, apartemen, dan mobil yang disewakan, tanah, koleksi benda-benda seni, dan koleksi benda-benda kuno.

c. Hutang jangka pendek

Hutang jangka pendek adalah kewajiban yang harus Anda bayar dalam jangka waktu di bawah 1 tahun. Contohnya: hutang kartu kredit dan hutang kredit multiguna jangka pendek.

d. Hutang jangka panjang

Hutang jangka panjang adalah hutang atau kewajiban yang harus dibayarkan dalam jangka waktu di atas 1 tahun. Contohnya: hutang KPR, KPM, kredit multiguna jangka panjang, atau hutang kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Apabila setelah semua harta dan hutang dijabarkan, selisihnya merupakan nilai kekayaan bersih Anda. Ada 3 kemungkinan hasil akhir dari perhitungan kolom neraca, yaitu:

1. Kekayaan bersih positif, artinya harta yang dimiliki lebih besar daripada hutang/kewajiban.

2. Kekayaan bersih negatif, artinya hutang/kewajiban Anda lebih besar daripada harta yang Anda miliki.

3. Kekayaan bersih nol, artinya jumlah hutang/kewajiban dan harta yang Anda miliki sama besar.

Kolom neraca perlu diisi secara berkala setiap 3-6 bulan sekali untuk mengetahui posisi dan kemajuan keuangan Anda. Apabila nilai kekayaan bersih Anda selalu meningkat, berarti Anda telah melakukan kendali yang baik terhadap keuangan Anda sendiri. Dua jempol untuk Anda!

Demikian pembahasan mengenai kolom neraca. Pembahasan mengenai kolom arus kas akan kami bahas pada tulisan berikutnya. Selamat mengikuti.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: