Langkah Kedua Menuju Kebebasan Finansial: Periksa Kesehatan Finansial Anda (2)

Dear Planners,

Kemarin kita telah bahas mengenai langkah kedua menuju kebebasan finansial, yaitu periksa kesehatan finansial Anda dengan mengisi Kolom Neraca. Hari ini, kita akan bahas tentang kemana saja perginya uang kita melalui Kolom Arus Kas (klik di sini untuk download kolom arus kas). Penting sekali bagi kita untuk mengetahui dengan pasti ke mana saja perginya uang yang kita habiskan, sehingga kita bisa mengetahui bagian-bagian yang harus kita kendalikan agar semakin banyak pendapatan yang tersisa untuk ditabung atau diinvestasikan untuk mencapai kebebasan finansial.

2. Kolom Arus Kas

Di dalam kolom ini, Anda bisa mencatat semua arus keuangan Anda selama satu bulan, baik yang masuk maupun yang keluar. Untuk mengetahui jumlah rata-rata pendapatan dan pengeluaran Anda perbulan, Anda bisa mengisi kolom ini selama 3 bulan ke depan. Setelah itu, Anda bisa melihat apakah arus kas Anda sudah bergerak ke arah yang positif atau masih besar pasak daripada tiang.

Karena di sini kita ingin mengetahui rata-rata jumlah pendapatan dan pengeluaran Anda perbulan, maka semua data yang dimasukkan ke dalam kolom ini adalah memang pendapatan dan pengeluaran yang rutin dilakukan setiap bulannya. Sehingga, apabila ada data pemasukan/pengeluaran yang tidak rutin, seperti PBB, pajak kendaraan, dan lain-lain, maka tulis Ya pada kolom Variabel.

Kolom arus kas ini terbagi atas dua bagian utama, yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. Kolom Pendapatan terdiri dari semua penghasilan yang didapatkan, baik berupa gaji, bonus, atau pun warisan. Sedangkan pada kolom Pengeluaran, terdapat sub-sub-bagian yang terdiri dari Uang yang ditabung, Uang yang dibelanjakan, Cicilan hutang, dan Uang untuk gaya hidup. Apabila masih terdapat sisa/selisih dari total pendapatan dan total pengeluaran, maka bisa dibilang bahwa arus kas Anda bergerak secara positif.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: