Langkah Ketiga Menuju Kebebasan Finansial: Kenali dan Lunasi Hutang Anda (2)

Dear Planners,

Pada tulisan sebelumnya, kita sudah membahas 2 jenis hutang berdasarkan keuntungan dan urgensinya untuk segera dilunasi. Kali ini kita lanjut dengan jesnis hutang yang ketiga, yaitu hutang super-jahat.

3. Hutang super-jahat

Hutang super-jahat adalah hutang yang memiliki bunga hingga  42% per tahun, dan apabila tidak segera dilunasi, Anda akan terkena bunga majemuk (bunga berbunga) yang akan benar-benar melilit kehidupan Anda. Salah-satu contoh dari hutang jenis ini adalah hutang kartu kredit, yang bisa mengindikasikan bahwa keuangan Anda jauh lebih besar pasak daripada tiang.

Bagi Anda yang terbiasa berbelanja dengan menggesek kartu kredit, Anda harus waspada terhadap bahaya laten bahwa seakan-akan Anda memang sanggup memiliki standar hidup yang tinggi, tanpa berpikir lebih panjang lagi dampak yang dihasilkan oleh penggunaan kartu kredit ini apabila kita tidak segera melunasinya. Hal ini disebabkan oleh pemikiran bahwa seolah-olah kartu kredit menyediakan penghasilan tambahan bagi kita, sehingga sulit mengendalikan hasrat untuk belanja. Padahal kenyataannya sama-sekali tidak begitu.

Namun, sekali lagi, memiliki dan menggunakan kartu kredit tidak selalu merugikan, asalkan kita selalu bisa melunasinya pada saat tanggal jatuh tempo. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa Anda memang memiliki dana untuk membayarnya dengan cash.

Membebaskan Diri dari Hutang

Bagi Anda yang sudah terlanjur terlilit hutang jelek dan super-jahat, sebaiknya Anda segera melunasinya, dengan mengikuti langkah-langkah  berikut ini:

  1. Bayar hutang anda dengan menggunakan uang tabungan (apabila ada).
  2. Buat daftar prioritas pembayaran, dimulai dengan hutang yang memiliki suku bunga tertinggi.
  3. Negosiasikan penurunan suku bunga dengan pihak bank penerbit kartu kredit yang bersangkutan
  4. Cari tambahan arus kas dengan mengkaji ulang kolom arus kas Anda. dari situ, kita bisa memperoleh data kalau-kalau masih ada sisa arus kas yang bisa dialokasikan untuk membayar hutang.
  5. Terus cari tambahan arus kas dengan melakukan penghematan sampai semua hutang super-jahat dan hutang jelek lunas.
  6. Jangan membuat hutang baru dan segera bentuk dana darurat agar apabila kita terkena musibah, tidak perlu lagi pinjam kanan-kiri untuk mengatasinya.

Demikian tips dan trik mengenali dan melunasi hutang Anda. Apabila Anda tidak memiliki uang tunai untuk segera melunasi hutang supe-jahat, sebaiknya Anda hindari hutang semacam ini karena akan menyusahkan hidup Anda, dan menjauhkan Anda dari impian mencapai kebebasan finansial. Hidup Anda akan lebih nyaman tanpa lilitan hutang, bukan?

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: