Langkah Keempat Menuju Kebebasan Finansial: Kenali dan Atur Gaya Belanja Anda

Dear Planners,

Kali ini kita akan lanjutkan pembahasan kita ke langkah ke-empat dari 7 langkah menuju kebebasan finansial, yaitu kenali dan atur gaya belanja Anda. Ketika Anda membaca judul artikel ini pasti Anda bertanya-tanya kenapa sih kita perlu mengenal dan mengatur gaya belanja kita?

Siapa yang tidak suka belanja? Hampir semua orang pasti suka belanja, baik itu belanja kebutuhan pokok sehari-hari maupun belanja kebutuhan yang lainnya. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kini kita bisa belanja dengan lebih mudah lagi, baik secara online atau pun offline. Selain itu, dengan ditemukannya alternatif cara bayar baru, seperti kartu kredit, kartu debit, transfer, cek, giro, dan lain sebagainya, maka otomatis kita akan semakin mudah untuk mengadakan transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja. Bila tidak diwaspadai, segala kemudahan ini akan membuat kita semakin konsumtif, dengan berbelanja diluar kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Akibatnya, hutang kartu kredit kita akan semakin menumpuk dan memnjauhkan kita dari kebebasan finansial yang kita impikan.

Pada dasarnya, tidak ada yang salah dengan berbelanja, selama hal ini dilakukan secara wajar, dengan berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Namun, apabila kita melakukannya diluar kendali dan kemampuan finansial kita, hal itu akan menjadi masalah besar bagi kita di kemudian hari. Karena gaya belanja setiap orang berbeda-beda, maka kita perlu mengenali faktor apa saja yang bisa menjadi pencetus hasrat belanja kita, sehingga hasrat tersebut bisa kita kendalikan dengan lebih baik.

Menurut Prita Ghozie di dalam bukunya yang berjudul “Menjadi Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya” (Agustus 2013), pada umumnya terdapat lima gaya belanja yang bisa dilihat dari karakter belanja seseorang (126-127). Diantaranya adalah:

  1. Miss Yo-yo. Seseorang dikatakan memiliki karakter belanja Miss Yo-yo karena dia suatu saat bisa sangat hemat dan di saat lain bisa sangat boros. Biasanya orang dengan tipikal belanja seperti ini berharap bahwa pada akhirnya akan impas, padahal belum tentu bisa impas, karena tidak ada yang tahu apakah penghematan yang sudah dilakukan sama besarnya dengan pengeluaran yang telah dibuat.
  2. Miss Putri Raja. Apabila Anda rela membayar lebih mahal untuk servis yang lebih memuaskan di tempat Anda berbelanja, maka Anda termasuk Miss Putri Raja. Untuk mendapatkan pelayanan kelas satu, Anda rela mengeluarkan uang lebih banyak.
  3. Miss Impulsif. Bagi Miss imoulsif, belanja merupakan suatu terapi penting untuk mengembalikan mood/emosi menjadi lebih baik. Seringkali Miss impulsif berbelanja tanpa sadar dan merasa menyesal dengan pembelian karena ternyata banyak yang tidak dibutuhkan.
  4. Miss Jinjing. Miss jinjing adalah ratu belanja sejati yang akan berbelanja setiap kali ada acara diskon besar, pameran, atau promo toko. Baginya, diskon yang ada merupakan kesempatan untuk berhemat secara besar-besaran. Padahal, belum tentu barang yang telah dibeli tersebut terpakai semua atau memang sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Miss Status. Bagi Miss status, status sosial merupakan hal yang penting. Dia rela mengeluarkan uang sampai puluhan juta rupiah hanya untuk membeli barang-barang branded, supaya bisa diakui oleh teman-teman sosialitanya yang memang memiliki standar hidup tinggi.

Setelah mengetahui jenis-jenis gaya belanja di atas, kira-kira Anda memiliki gaya belanja yang mana? Coba Anda tanyakan kepada diri Anda dan tentukan gaya belanja Anda. Anda bisa memiliki lebih dari satu gaya belanja. Setelah mengetahui gaya belanja Anda, Anda dapat menghindari faktor-faktor pencetus hasrat belanja Anda atau berpikir lebih jauh lagi mengenai kegunaan dan kebutuhannya sehingga Anda dapat mengerem keinginan belanja tersebut. Atau, Anda tahan dulu hasrat untuk membeli barang-barang branded sambil menyisihkan sebagian penghasilaan Anda untuk ditabung dan dibelanjakan untuk memenuhi keinginan Anda apabila dananya telah cukup.

Memang, tidak ada salahnya berbelanja, asalkan memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, sehingga Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk hal-hal yang lebih penting lagi, seperti memenuhi impian Anda di masa depan.

Salam Planners

 

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: