Langkah Kelima Menuju Kebebasan Finansial: Investasikan Uang Anda

Dear Planners,

Pada tulisan yang lalu, kita telah membahas langkah keempat dari tujuh langkah menuju kebebasan finansial, yang bertujuan untuk mengendalikan arus kas agar kita bisa mengurangi pengeluaran kita. Setelah mengenali dan mengurangi semua arus kas yang merugikan, kita bisa mengambil langkah kelima, yaitu memaksimalkan kinerja uang Anda dengan berinvestasi.

Ada dua alasan utama orang berinvestasi, yaitu pertama untuk mendapatkan kenaikan modal dan kedua untuk mendapatkan arus kas yang cukup rutin. Contohnya, seorang investor yang membeli saham pada saat ini mengharapkan adanya kenaikan harga yang cukup signifikan pada saat dia menjualnya 10 tahun kemudian (kenaikan modal) dan memperoleh pemasukan secara berkala dari dividen yang dibagikan setiap tahun. Contoh yang lain, seorang investor yang membeli rumah, merenovasinya, dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi mengharapkan adanya kenaikan modal. Sedangkan apabila rumah tersebut disewakan atau dibuat kos-kosan, maka investor tersebut bisa mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya. Apabila Anda ingin memiliki penghasilan tambahan yang rutin, maka Anda bisa berinvestasi dengan strategi untuk mendapatkan arus kas rutin. Namun, apabila Anda ingin mencapai suatu impian di masa yang akan datang, maka Anda perlu menggunakan strategi kenaikan modal.

Dalam berinvestasi selalu ada risiko kerugian yang bisa dialami oleh investor. Namun, risiko tersebut sesuai dengan kemungkinan imbal hasil (return) yang bisa dihasilkan oleh suatu investasi. Semakin tinggi risiko yang dimiliki oleh suatu investasi, semakin tinggi pula imbal hasil yang didapat. Sebaliknya, semakin rendah risiko yang dimiliki, maka imbal hasil yang didapat akan semakin rendah juga. Tingkat toleransi masing-masing orang dalam menghadapi risiko berbeda-beda. Oleh karenanya, sebelum memilih suatu investasi, ada baiknya kita mengetahui profil risiko investasi yang kita miliki, agar kita tidak mudah panik dan mengalami kerugian yang besar apabila di tengah jalan ternyata kinerja investasi yang kita ambil tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Anda bisa mengetahui profil risiko Anda dengan mengisi kuesioner profil risiko (klik di sini) dan memperoleh jawabannya dengan mengirimkan jawaban Anda ke email kami.

Apabila Anda telah mengetahui profil risiko Anda, Anda bisa berinvestasi dengan lebih nyaman, sesuai dengan karakteristik Anda. Berikut ini daftar investasi, dari yang memiliki risiko terendah sampai yang memiliki risiko tinggi:

Tingkat I: Kas, terdiri dari rekening tabungan, giro, deposito, dan reksa dana pasa uang.

Tingkat II: Obligasi (surat pemberian hutang kepada pemerintah/korporasi), terdiri dari Surat Utang Negara, Obligasi korporasi, Obligasi Ritel Indonesia, Sukuk Ritel, Reksa dana pendapatan tetap, dan Reksa dana terproteksi pendapatan tetap.

Tingkat III: Komoditas, terdiri dari emas, permata, perak, tembaga, kelapa sawit, lukisan, batik kuno, dan barang koleksi lainnya.

Tingkat IV: Properti, yang terdiri dari rumah, apartemen, tanah, gedung perkantoran, dan ruko/rukan.

Tingkat V: Saham (surat kepemilikan modal pada suatu perusahaan/organisasi) terdiri dari saham atas perusahaan publik, saham atas perusahaan tertutup, penyertaan modal pada sebuah bisnis, Reksa dana saham, Reksa dana campuran, dan Reksa dana indeks.

Selain berdasarkan profil risiko yang Anda miliki, jenis investasi di atas juga dipilih berdasarkan jangka waktu tujuan atau impian keuangan yang ingin dicapai. Apabila Anda ingin mencapai suatu tujuan keuangan jangka pendek (kurang dari 5 tahun), pilih investasi dari Tingkat I dan II. Namun, apabila Anda ingin mencapai tujuan keuangan jangka menengah (5-10 tahun) Anda bisa memilih investasi dari tingkat III dan IV, dan untuk target keuangan jangka panjang (lebih dari 10 tahun) pilih investasi Tingkat V (saham), karena dalam jangka waktu panjang diharapkan nilainya akan semakin meningkat, walaupun terdapat fluktuasi harga harian.

Setelah mengetahui profil risiko Anda dan tujuan/target/impian keuangan jangka panjang Anda, Anda bisa memilih jenis investasi yang tepat dan mencapai semua target Anda dengan lebih mudah, bukan? Apabila ada yang ingin ditanyakan, Anda bisa berkonsultasi dengan kami via email atau nomor kontak yang tersedia pada kotak di samping kanan. Selamat berencana dan mencapai kebebasan finansial Anda.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: