Evaluasi Keuangan Pribadi Akhir Tahun (3)

Siang planners..

Sebelumnya kami telah membahas evaluasi hutang, dana darurat, dan tabungan yang dimiliki pada akhir tahun ini. Pada kesempatan siang ini, akan kami lanjutkan dengan evaluasi asuransi yang kita miliki. Selamat mengikuti.

4.   Asuransi apa yang kita miliki?

Asuransi yang perlu kita miliki adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, dan asuransi kendaraan. Coba cek asuransi yang telah kita miliki. Jika Anda telah mendapat proteksi dari kantor, coba cek kembali proteksi yang diberikan. Yang harus diperhatikan adalah, apakah asuransi yang kita miliki telah cukup dan sesuai dengan kebutuhan kita atau belum. Hal-hal yang perlu kita perhatikan dari tiap-tiap asuransi diantaranya :

  • Asuransi jiwa.

Tidak semua perusahaan memberikan proteksi asuransi jiwa. Hal pertama yang harus kita tau adalah berapa besar proteksi jiwa yang kita butuhkan. Uang pertanggungan asuransi jiwa haruslah cukup karena uang tersebutlah yang nantinya akan digunakan oleh keluarga untuk membiayai kebutuhan sehari-hari jika sepeninggal kita.

Berapa uang pertanggungan asuransi jiwa yang telah dimiliki saat ini?

  • Asuransi kesehatan

Cek asuransi kesehatan yang Anda miliki. Pastikan proteksi yang dimiliki mengganti seluruh komponen biaya apabila Anda dirawat di rumah sakit. Cek pula apakah fasilitas kamar yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita terbiasa dirawat di kamar kelas 1, sementara asuransi kesehatan yang telah kita miliki hanya untuk kamar kelas 2, maka perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan asuransi kesehatan yang kita miliki, atau kita harus mempersiapkan dana untuk selisih harganya.

  • Asuransi penyakit kritis

Cek apakah kantor memberikan proteksi terhadap penyakit kritis karena tidak semua kantor memberikan fasilitas ini, jika pun ada, proteksinya terbatas dan tidak mencukupi apabila kita terkena penyakit kritis. Penyakit kritis selain dapat menyebabkan penderitanya tidak dapat berkerja lagi, juga membutuhkan biaya pengobatan dan perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu, memperhatikan besar asuransi penyakit kritis yang telah kita miliki sangatlah penting, apalagi jika kita memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit kritis.

  • Asuransi kecelakaan

Asuransi ini akan memberikan pertanggungan jika kita mengalami cacat dan/atau meninggal akibat kecelakaan. Kecelakaan merupakan kejadian yang tidak kita inginkan dan dapat terjadi dimana pun dan kapan pun. Terutama bagi Anda yang berkendaraan, sebaiknya tinjau ulang asuransi kecelakaan yang telah Anda miliki, apakah mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan jika sewaktu-waktu kejadian yang tidak diinginkan menimpa Anda.

  • Asuransi rumah dan kendaraan

Dibandingkan dengan nilai rumah dan harga kendaraan, premi asuransi rumah maupun kendaraan sangat kecil. Resiko kerugian akibat kehilangan atau kecelakaan dapat diminimalisir dengan besarnya premi yang dibayarkan. Tidak ada orang yang ingin mengalami kehilangan atau kecelakaan, namun jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi, milimal Anda telah terlindungi.

Asuransi apa yang telah Anda miliki?

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: