Evaluasi Keuangan Pribadi Akhir Tahun (5-Akhir)

Selamat siang planners..

Siang ini kami akan membahas hal terakhir yang perlu di evaluasi di akhir tahun. Selamat mengikuti.

6.   Apakah kita sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas?

Tidak adanya tujuan yang jelas dalam hidup membuat penempatan dana dan besarnya dana yang kita tabung maupun investasikan menjadi tidak optimal. Bagaimana akan optimal jika kita tidak tahu apa yang akan kita tuju/capai. Dengan adanya tujuan keuangan, langkah-langkah yang kita lakukan dalam mengelola keuangan menjadi lebih tertata dan terarah. Tujuan keuangan dapat berupa persiapan dana pensiun, atau bagi yang telah memiliki anak tujuan keuangan dapat juga berupa persiapan dana pendidikan anak, memiliki rumah, mobil, naik haji, dana liburan, dan sebagainya.

Dengan adanya tujuan-tujuan keuangan tersebut, kita dapat menyusun rencana keuangan selanjutnya, kapan akan dicapai, berapa besar dana yang harus disimpan tiap bulannya, dimana kita menyimpan dana, dsb.

Rencana keuangan dapat dibuat secara sederhana atau dibuat secara mendetail. Untuk membuat rencana keuangan secara mendetail, Anda dapat meminta bantuan jasa perencana keuangan, Anda dapat pula berkonsultasi dengan kami.

Rencana keuangan sebaiknya dievaluasi minimal 3-6 bulan sekali, atau setidaknya Anda lakukan di akhir tahun seperti yang Anda lakukan saat ini. Tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai apakah rencana kita berjalan dengan baik dan untuk melihat berapa hasil yang telah kita capai selama satu tahun.

Jadi, apakah Anda sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas? Jika sudah, apakah sudah berjalan dengan baik dan telah memberi hasil sesuai yang ditargetkan? Jika belum, jadikan ini sebagai catatan akhir tahun untuk menjadi resolusi keuangan di awal tahun depan.

 

Sampai disini, evaluasi telah selesai.

Bagaimana kesimpulan hasil evaluasi Anda?

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: