Resolusi 2014 (2) : Perbaikan Perencanaan Keuangan 2013

Dear Planners,

Setelah Kita mengevaluasi tujuan keuangan tahun lalu, maka Kita dapat melihat situasi dimana tujuan keuangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Mengapa? Apakah tujuan keuangan yang salah? Ataukah perencanaan keuangan yang belum baik atau tepat?

Tujuan keuangan yang dibuat berdasarkan kebutuhan hidup adalah tidak pernah salah. Bila hanya berdasarkan keinginan semata, maka ini kemungkinan penyebab tidak tercapainya tujuan keuangan Anda. Karena keinginan muncul hanya bersifat sementara, kemudian sewaktu-waktu dapat berganti atau hilang minat untuk mencapainya. Sehingga usaha untuk mewujudkan keinginan biasanya tidak terlalu optimal. Berbeda halnya dengan kebutuhan, dimana kondisi ini sangat diperlukan oleh Anda. Hanya masalah waktu saja untuk mewujudkannya, bisa dalam jangka pendek, menengah atau panjang.

Bila tujuan keuangan tidak salah, maka satu-satunya penyebab tujuan keuangan tidak sesuai dengan yang diharapkan adalah masalah pada perencanaan keuangan yang Anda susun dan jalankan. Mari Kita evaluasi perencanaan keuangan yang Anda telah buat, apakah telah mempertimbangkan berbagai faktor pendukung maupun penghambat rencana tujuan keuangan Anda? Misal : Tujuan keuangan Anda adalah ingin mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli kendaraan baru dalam waktu 2 tahun. Namun saat itu Anda menginvestasikan uang dalam instrumen investasi berupa Saham. Tentu setelah 2 tahun, uang yang Anda investasikan untuk membeli mobil kemungkinan akan tidak sesuai harapan. Hal ini terjadi karena instrumen investasi Saham memiliki fluktuatif imbal hasil yang cukup tinggi. Investasi Saham disarankan untuk jangka waktu minimal 5 tahun. Sehingga apabila Anda ingin menginvestasikan uang dalam jangka waktu 2 tahun, sebaiknya pilih instrumen investasi Pasar Uang (seperti sertifikat BI, dll) atau boleh dicampur sedikit dengan instrumen Obligasi untuk meningkatkan imbal hasil. Demikian contoh kondisi penyebab yang cukup banyak terjadi.

Lebih baik terlambat daripada tidak mewujudkan tujuan keuangan Anda sama sekali. Jadi Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki perencanaan keuangan yang belum maksimal tersebut. Memang waktu pencapaiannya akan lebih lama daripada rencana awal, namun ini lebih baik daripada Anda menyerah dan berhenti mewujudkan tujuan keuangan Anda. Inilah salah satu resolusi 2014 yang dapat Anda lakukan. Selain itu ada resolusi lainnya, simak kembali berita Kami besok siang…

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: