Di Mana Kita Menyimpan Uang?

Dear Planners,

Kemarin telah kita bahas mengenai perbedaan antara simpanan, tabungan, dan investasi. Simpanan digunakan untuk keperluan jangka pendek, tabungan digunakan untuk keperluan jangka menengah, dan investasi digunakan untuk keperluan jangka panjang atau menjaga kita agar tetap kaya.

Di mana kita bisa menyimpan uang untuk simpanan?

1. Amplop

Walau pun metode ini sudah tidak populer lagi untuk digunakan, masih ada sebagian kecil masyarakat kita yang menyimpan uang belanjanya di dalam amplop atau kaleng, sebelum dibelanjakan untuk keperluan sehari-hari.

2. Rekening Giro

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, maka sebagian orang mulai menyimpan uangnya di rekening giro, yang memberikan fasilitas buku cek dan penarikan dana ketika saldo sudah nol, dengan membayarkan bunga overdraft. Dengan buku cek tersebut, nasabah bisa bertransaksi dengan menuliskan cek bagi siapa saja, dan penerima cek tersebut bisa menguangkan cek tersebut di bank-bank terdekat. Agar transaksi berhasil, pada rekening nasabah tersebut harus ada dana yang cukup. Apabila nasabah melakukan penarikan setelah saldonya nol, maka nasabah tersebut harus dapat mengembalikan saldo minimum dalam hitungan hari, seperti meminjam ke bank dalam tempo harian.

3. Rekening Tabungan Biasa

Metode ini adalah yang paling populer di masyarakat kita sekarang ini. Dengan menyimpan uangnya di rekening tabungan di bank, masyarakat bisa bertransaksi melalui teller dengan membawa buku tabungan, bertransaksi menggunakan kartu ATM/kartu prabayar yang berfungsi sebagai kartu debit, atau bertransaksi secara online di mana saja dengan menggunakan internet atau sms banking. Walaupun tabungan memberikan bunga setiap bulannya, namun biaya-biaya administrasi yang dikenakan juga beragam untuk setiap jenis transaksi yang kita lakukan, sehingga bisa jadi besarnya biaya administrasi dan pajak lebih besar daripada bunga yang diterima oleh nasabah. Oleh karena itu, tabungan hanya bisa digunakan sebagai tempat menyimpan uang dalam jangka pendek, sebelum akhirnya dibelanjakan.

Sekian penjelasan kami mengenai simpanan dan metode menyimpan uang. Apabila Anda mempunyai pertanyaan, silakan  hubungi kami dengan bertanya di kolom komentar atau kirimkan pertanyaan Anda melalui email.

Salam Planners

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: