Untuk Tujuan Keuangan di Bawah 5 Tahun, Menabung di Mana?

Dear Planners,

Kemarin kita sudah bahas mengenai contoh simpanan untuk keperluan jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Kali ini, kita akan bahas mengenai jenis-jenis tabungan/investasi yang bisa dilakukan untuk memenuhi keperluan di  bawah 5 tahun. Ada lima jenis tabungan/investasi untuk memenuhi kebutuhan ini, yaitu:

  1. Deposito
  2. Tabungan Berjangka
  3. Reksa Dana Pasar Uang
  4. Obligasi
  5. Reksa Dana Pendapatan Tetap.

Masing-masing jenis tabungan/investasi di atas memiliki karakteristik yang berbeda yang akan dibahas secara lebih detail sebagai berikut:

1. Deposito

Deposito adalah produk investasi yang memiliki jangka waktu tetap (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun) dan bisa memberikan tingkat bunga yang lebih baik daripada tabungan biasa. Bunga ini dibayarkan dalam interval sesuai dengan periode penempatan yang diambil. Apabila uang yang telah ditempatkan di deposito diambil setelah jatuh tempo, maka akan diperoleh modal pokok awal ditambah bunga hasil penempatan. Oleh karena itu, investasi ini cocok untuk tempat penyimpanan sementara saat memperoleh uang dalam jumlah banyak, sebelum digunakan dalam waktu dekat.

Apabila Anda bertujuan untuk menambah arus kas, Anda bisa pilih fitur bunga disalurkan ke rekening tabungan. Namun, karena bunga rata-rata dari deposito di bawah 8% pertahun, Anda harus menempatkan modal sejumlah 150 juta untuk mendapatkan hasil sebesar 1 juta perbulan. Namun, apabila tujuan Anda adalah mencari kenaikan modal Anda bisa pilih fitur Interest Reinvested, agar nilai deposito Anda terus bertambah.

Namun, kekurangan dari deposito adalah apabila dana yang ditempatkan diambil sebelum tanggal jatuh tempo, Anda akan terkena penalti, sehingga mengurangi pendapatan bunga, juga bunga untuk bulan berikutnya tidak bisa Anda dapatkan. Apabila Anda tidak memberikan instruksi apa pun, deposito yang sudah jatuh tempo bisa terkena Automatic Roll Over (ARO). Apabila Anda tahu pasti kapan akan menggunakan dana yang Anda simpan, pastikan Anda tidak memilih fitur ini saat mengisi aplikasi, karena bank akan memperpanjang jangka waktu penempatan secara otomatis. Selain itu, bunga hasil deposito akan dipotong pajak, sehingga apabila deposito 1 bulan memberikan bunga 7% per tahun, maka hasil bersih yang akan diterima adalah 5,6% per tahun.

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka merupakan perpaduan antara tabungan biasa dan produk asuransi. Dengan tabungan ini, pemilik dana harus menyetorkan sejumlah dana dengan jumlah tertentu secara rutin selama periode waktu yang telah ditentukan (6 bulan sampai 5 tahun). Apabila belum mencapai jangka waktu yang telah ditentukan, pemilik dana belum boleh menarik dananya. Oleh karena itu, apabila dana ditarik sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan penalti seperti deposito. Bunga yang diberikan biasanya sedikit lebih rendah daripada deposito dan lebih tinggi dari pada bunga tabungan biasa. Namun, apabila terjadi risiko kematian atau cacat total permanen terhadap pemilik rekening, fitur asuransi pada tabungan berjangka akan meneruskan setoran sehingga dana yang diinginkan tetap terjamin ada saat jatuh tempo.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: