Kenali Lebih Dekat Investasi Saham

Dear Planners,

Investasi Saham sangat populer dimasyarakat terutama kalangan menengah atas. Ada beberapa pandangan masyarakat tentang investasi ini, mulai dari yang negatif sampai yang positif. Tanggapan negatif yang berkembang adalah investasi saham adalah salah satu bentuk perjudian, main saham bisa membuat orang bangkrut, dan sebagainya.

Mari Kita ulas pendapat tentang saham adalah salah satu bentuk judi. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah. Kenapa? Judi akan terjadi bila Kita berinvestasi hanya sekedar untung-untungan, tanpa pertimbangan. Berharap membeli saham di harga murah dan akan dijual bila harga naik. Namun, investasi saham tidak seperti itu. Banyak pertimbangan dan latar belakang pemilihan saham, harga beli dan jual, jumlah transaksi saham serta waktu yang tepat untuk melakukan transaksi. Pertimbangan tersebut misalnya dari fundamental perusahaan dimana saham nya akan dibeli, prospek saham tersebut, kondisi ekonomi negara dan dunia, dan kondisi politik atau kebijakan negara maupun dunia yang dapat mempengaruhi perusahaan. Jadi bila Anda melakukan analisa ini, apakah ini disebut dengan judi? Tentu bukan kan.

Pendapat negatif lainnya tentang jadi bangkrut atau hilang banyak uang bila investasi saham, tentu kondisi nya sama seperti diatas. Kalau Anda investasi saham tanpa disertai pertimbangan secara logis seperti yang sudah disebutkan diatas, maka hampir dapat dipastikan Anda akan menuju kebangkrutan. 1Tapi bila Anda melakukan investasi sesuai dengan pertimbangan diatas, maka Anda tentu siap-siap untuk memperoleh keuntungan dari hasil investasi Anda..

Karakteristik investasi saham adalah high risk namun high return. Jadi Anda harus bersiap untuk menerima risiko investasi yang cukup tinggi. Risiko yang dapat dirasaKan dalam jangka pendek adalah terjadi fluktuasi harga yang sangat bermakna dalam jangka waktu pendek. Namun jangan khawatir, risiko ini dapat diminimalisir dengan cara menambah jumlah investasi dalam saham yang sama ketika harga saham turun cukup dalam dan atau membiarkan investasi Anda dalam jangka waktu panjang yaitu diatas 5 tahun.

Untuk berinvestasi saham, Anda juga harus memiliki mental siap untuk menerima risiko yang tinggi. Bila Anda belum siap untuk mengalami kerugian atau penurunan harga sewaktu-waktu, maka Anda belum tepat untuk investasi dalam saham ini.

Besok Kita akan bahas lebih lanjut tentang investasi saham ini.

Selamat beraktivitas

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: