Kenali Lebih Dekat Investasi Saham (2)

Siang Planners,

Kemarin Kita telah sekilas membahas tentang investasi Saham.

Sekarang Kita akan lihat, sebenarnya keuntungan investasi Saham berasal dari mana?

Sebelum berbicara tentang keuntungan, ada baiknya Kita bicara bagaimana cara berinvestasi Saham? Bila Anda ingin investasi Saham, Anda dapat memilih jenis kelolaan, mau kelola sendiri atau dikelola oleh orang lain (manajer investasi). Bila mau kelola sendiri, maka Anda harus menjadi nasabah di salah satu kantor sekuritas. Bila dikelola manajer investasi, maka produk yang Anda inves disebut sebagai Reksa Dana Saham. Reksa dana ini dapat dibeli di sekuritas, bank, perusahaan asuransi dan lembaga keuangan lainnya yang memiliki ijin khusus.

Nah setelah tau cara Anda investasi Saham, maka Kita akan bahas tentang cara inves Saham ini memberikan keuntungan (baik yang dikelola sendiri atau oleh manajer investasi). Keuntungan investasi Saham secara garis besar dari 2 sumber :

  1. Keuntungan perusahaan tempat Anda berinvestasi (dalam hal ini Saham yang Anda beli). Anda membeli Saham sebuah perusahaan artinya Anda telah memiliki perusahaan tersebut. Layaknya sebagai pemilik perusahaan, maka Anda berhak atas laba hasil usaha perusahaan tersebut (termasuk bila ada rugi). Pada umumnya laba perusahaan ini akan diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham) yang diadakan 1 atau 2 kali dalam setahun. Dalam rapat ini dipresentasikan kinerja perusahaan selama sekian periode waktu, laporan keuangan, laba atau rugi, dan rencana perusahaan ke depannya. Bila ada laba, maka umumnya ada sebagian laba yang ditahan untuk pengembangan perusahaan. Sisanya baru akan dibagikan kepada seluruh pemegang Saham yang berhak. Inilah yang disebut sebagai DEVIDEN. Nominal diumumkan per lembar Saham.
  2. Capital Gain, Artinya keuntungan yang didapat dari selisih harga Saham waktu Anda membeli dengan saat Anda menjual Saham. Harga Saham inilah yang umumnya dapat Kita lihat pada Bursa Efek Indonesia yang bergerak naik turun. Harga Saham umumnya dipengaruhi oleh prinsip dagang “Hukum permintaan dan penawaran, Demand and Supply“. Semakin banyak orang berniat membeli sebuah Saham dan orang yang mau jual Saham tersebut tidak banyak, maka harga Saham akan semakin naik. Begitupula sebaliknya. Harga ini dipengaruhi oleh imvestor, bila Ia merasa perusahaan ini tidak lagi menguntungkan lagi baginya, maka Ia akan jual Saham tersebut. Andai Ia prediksi perusahaan ini terancam bangkrut atau banyak hutang, maka Ia akan cepat-cepat menjual Saham tersebut, bahkan rela menjual dengan harga dibawah pasaran saat ini, sebelum harga Saham turun jauh.

Setelah tau asal muasal keuntungan berinvestasi Saham, Kita lihat bahwa semua itu didapat bukan dari hasil untung-untungan, melainkan dari hasil analisa bisnis.

Bagi Anda yang telah memiliki kemampuan untuk analisa perusahaan dan gemar mengikuti perkembangan berita ekonomi maupun politik, maka Anda bisa investasi Saham sendiri. Namun sebaliknya, bila Anda kurang punya waktu untuk itu atau Anda pemula, maka mulailah dengan Reksa Dana.

Namun sebelum tau Anda cocok atau tidak investasi bidang Saham ini, Anda harus ketahui dahulu profil risiko investasi Anda. Apakah Ands termasuk orang yang bersedia menerima risiko besar, atau netral terhadap risiko, atau tidak bersedia menanggung risiko. Isilah kuesioner Profil Risiko yang telah Kami ulas pada topik terdahulu.

Selamat berinvestasi Saham

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: