Apakah Cucu dari Anak Perempuan Tunggal Berhak Mendapat Harta Waris?

Question:

Assalamualaikum..
Mau tanya..
Saya (laki-laki) dan adik saya(perempuan) tinggal bersama nenek saya (ibu kandung dari ibu saya).. Ibu saya hanya putri tunggal dari nenek saya tersebut, dan ibu saya sudah lama meninggal…. Setelah lama ibu saya meninggal, bapak saya telah menikah kembali tapi masih memberikan nafkah untuk saya dan adik saya.. Kami sudah lama tidak tinggal bersama bapak lagi dan sekarang nenek saya telah meninggal..

Yang saya mau tanyakan adalah, apakah kami (cucu dari nenek tersebut) tidak berhak mendapat waris dari harta peninggalan nenek kami?
Ada yang bilang karena ibu kami telah meninggal sebelum nenek kami meninggal jadi hak waris kami (sang cucu) dari harta peninggalan nenek tidak ada atau sudah terputus ahli warisnya..
Katanya harta dari nenek kami jatuh ke saudara kandung dari nenek kami?
Apa kami tidak mendapatkan apa-apa dari harta peniggalan nenek kami?
Mohon penjelasannya..
Terimakasih banyak sebelumnya…

Riskitillah

Answer:

Wa’alaikumsalam wr. wb. Pak Riskitillah….

Memang, di dalam hukum Islam cucu dari anak perempuan tidak termasuk ke dalam ahli waris, karena mereka akan menerima harta warisan dari kedua orang tuanya atau dari pewaris yang berasal dari garis keturunan ayah. Jadi, di dalam kasus ini, karena almarhumah ibu Anda telah meninggal terlebih dahulu sebelum almarhumah nenek dan nenek hanya memiliki seorang anak perempuan yang sudah terlebih dahulu meninggal dunia, maka hak waris jatuh kepada ahli waris terdekat dari nenek, yaitu saudara-saudara kandungnya.

Namun dalam pembagiannya, Anda dan adik Anda bisa mendapatkan harta waris apabila saudara-saudara kandung nenek bersepakat untuk memberikan sebagian harta waris kepada Anda dan adik, sesuai dengan kebijakan mereka; atau apabila sebelumnya nenek Anda telah mewasiatkan pembagian harta waris untuk Anda dan adik, maka kalian berhak mendapatkan harta waris berdasarkan wasiat tersebut. Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat…

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: