Impian-Impian Jangka Pendek

Siang planners..

Hari ini kami akan melanjutkan bahasan kemarin tentang bagaimana men-design masa depan kita. Dimulai dari membuat impian-impian jangka pendek. Selamat mengikuti.

Impian-impian seperti apa yang dapat kita kelompokan ke dalam impian-impian jangka pendek?

Impian jangka pendek adalah impian yang ingin Anda capai dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun hingga 5 tahun.  Kelompokan impian-impian jangka pendek Anda. Urutkan dari mulai pencapaian paling dekat hingga maksimal 5 tahun sejak sekarang. Selanjutnya, buatlah impian tersebut se-spesifik mungkin.

Bagaimana menuliskan impian?

Tuliskan impian Anda. Hati-hati dalam menuliskan impian, karena ternyata kata-kata yang Anda gunakan sangat mempengaruhi pikiran dalam mencapainya. HINDARI kata-kata “saya AKAN memiliki/membeli/pergi ke ……”, tapi gunakan kata-kata “saya memiliki/membeli/pergi ke ……. pada ……..”.

Sebagai contoh :

  • Saya membeli ………… Merk ……….. Tipe ………. Warna …….. dengan Harga ……… pada Juli 2014.
  • Saya pergi ke ……….. bersama ………. pada Februari 2015.
  • Saya memiliki rumah. Tipe ……… Di daerah ……… Harga ……….. Secara cash/KPR. Pada Januari 2017.
  • Dan seterusnya.

Tentunya ada dari impian-impian Anda tersebut yang memerlukan biaya untuk mencapainya. Seperti telah telah kami sebutkan sebelumnya, kami akan membantu Anda dari segi perencanaan keuangannya.

Dimana berinvestasi untuk impian jangka pendek?

Untuk impian-impian jangka pendek, dimanakah Anda dapat menabung/investasi supaya pada saatnya nanti Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk mendapatkan impian Anda? Untuk impian jangka pendek, simpanlah uang Anda pada instrumen investasi yang lebih liquid serta memiliki resiko investasi rendah. Liquid artinya investasi tersebut dapat dengan mudah diuangkan kembali saat Anda membutuhkannya. Semakin liquid, semakin mudah untuk diuangkan. Sebagai contoh, uang Anda di bank dapat dengan mudah Anda ambil melalui ATM, itu artinya simpanan di bank termasuk simpanan yang liquid. Sedangkan investasi berupa tanah termasuk investasi yang kurang liquid karena saat Anda memerlukannya, belum tentu Anda dapat langsung menjual atau mendapatkan  pembeli yang pas untuk meng-uangkan tanah Anda.

Untuk impian di bawah 1 tahun, Anda dapat memilih menabung di bank atau di deposito. Sedangkan untuk impian 1-5 tahun, ada baiknya Anda memilih menyimpannya di deposito.

Berapa besar yang harus ditabung?

Disinilah pentingnya Anda mengetahui dan mencantumkan harga pada impian Anda. Dengan demikian Anda dapat menghitung harga masa depan dengan mempertimbangkan faktor inflasi. Angka yang didapatkan dibagi dengan lama waktu yang tersisa.

Selamat menetapkan impian jangka pendek..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: