IMPIAN-IMPIAN JANGKA PANJANG

Siang planners..

Setelah merencanakan impian jangka pendek dan menengah, kini saatnya kita merancang impian jangka panjang.

Jika impian jangka pendek adalah impian yang ingin dicapai dalam jangka waktu 0-5 tahun, impian jangka menengah 5-10 tahun, maka impian jangka panjang adalah impian yang ingin Anda capai dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun sejak sekarang. Karena jangka waktunya yang masih lama ini, seringkali orang terlupa untuk merancang impian jenis ini, padahal seringkali impian jangka panjang secara finansial membutuhkan biaya yang sangat besar.

Jika Anda belum dapat membayangkan impian jangka panjang Anda, coba bayangkan kehidupan Anda 10 tahun dari sekarang, kira-kira saat itu Anda ingin menjadi seperti apa? Siapa orang-orang yang ada di sekitar Anda? Bekerja dimana? Tinggal dimana? Berapa penghasilan Anda? Ingin memiliki apa? Ingin memberikan apa pada orang-orang yang Anda sayangi? Dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika saat ini usia Anda 25 tahun, 10 tahun yang akan datang usia Anda 35 tahun. Kemungkinan besar saat itu Anda telah menikah dan memiliki anak. Anda dapat memasukkan memberikan pendidikan terbaik bagi anak sebagai impian jangka panjang Anda.

Contoh lainnya, 15 tahun lagi Anda memasuki masa pensiun, maka Anda dapat memasukkan pensiun sejahtera sebagai impian jangka panjang Anda.

Contoh lainnya, Anda ingin pergi haji, membeli rumah, mencapai kebebasan finansial, dan masih banyak lagi, tiap orang memiliki impian yang berbeda-beda.

Impian-impian tersebut mash sangat umum, seperti halnya impian jangka pendek dan menengah yang harus dibuat se-spesifik mungkin, demikian halnya dengan impian jangka panjang, Anda harus membuatnya se-spesifik mungkin. Untuk hal ini, akan dibahas secara khusus dalam beberapa hari ke depan.

Dimana Anda dapat berinvestasi untuk simpanan jangka panjang?

Jangan simpan uang untuk impian jangka panjang Anda di bank, karena uang Anda akan tergerus oleh inflasi. Bunga bank hanya berkisar 1-2% per tahun, sedangkan inflasi barang dan jasa rata-rata 10% per tahun, dan inflasi pendidikan rata-rata 15-35% per tahun. Bayangkan jika Anda menyimpan uang untuk jangka panjang di bank, uang Anda bertambah karena bunga bank, namun secara nilai uang Anda tergerus inflasi.

Instrumen investasi yang cocok untuk simpanan jangka panjang adalah instrumen investasi yang memberikan imbal hasil lebih dari rata-rata inflasi (10%), yaitu obligasi (8-12% per tahun) dan saham (15-40% per tahun).

Diskusikan dengan perencanaan keuangan untuk menghitung berapa besar yang harus Anda persiapkan serta dimana Anda sebaiknya berinvestasi. Jika memerlukan bantuan, Anda pun dapat berkonsultasi dengan kami.

Salam perencanaan..

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: