Apa yang Terjadi Bila Pos Pengeluaran Anda Melebihi Batas?

Selamat Siang Planners,

Kemarin Kita sudah bahas tentang pembagian pos-pos keuangan Anda dan evaluasi kondisi keuangan Anda. Nah apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian, dalam hal ini pos pengeluaran melebihi batasnya, apa yang akan terjadi?

Apabila ditemukan ada pos keuangan yang melebihi yang disarankan, terutama pos pengeluaran atau cicilan, maka dapat diprediksi beberapa lama kemudian Anda akan mengalami kesulitan arus kas. Besar pasak daripada tiang. Semakin banyak perbedaannya, maka semakin cepat Anda akan mengalami kesulitan arus kas. Misal : jumlah cicilan yang disarankan adalah tidak melebihi 35 % pendapatan Anda, namun Anda memaksakan diri untuk mengambil bahkan sampai 50 % seluruh pendapatan karena saat ini merasa bahwa kondisi ini tidak masalah bagi Anda. Tentunya Anda kurang bersedia mengurangi gaya hidup Anda, jadi yang terpengaruh adalah porsi pos tabungan nya. Jumlah yang Anda tabung semakin sedikit, bila ada suatu kondisi darurat maka hati-hati keuangan Anda tidak cukup mengatasinya dan berakhir dengan hutang baru. Hutang ini pada akhirnya akan menambah jumlah cicilan, sehingga ke depannya kemungkinan Anda tidak bisa menabung lagi. Lalu bila ada kondisi darurat lagi, apa yang bisa Anda lakukan? Selain itu sebaiknya jangan mengukur kondisi sekarang juga. Beberapa lama ke depan, mungkin aja sumber pendapatan Anda akan mengalami masalah dan berkurang.

Jadi tetap bijak dalam mengelola keuangan. Berpikir untuk jangka pendek sampai panjang serta tidak terlalu emosional dalam mengambil keputusan. Bila perlu libatkan orang lain yang lebih ahli untuk membantu Anda dalam perencanaan keuangan. Kami siap membantu perencanaan Anda.

Salam Perencanaan

Diterbitkan oleh championewealthplanner

Kami adalah tim perencanaan keuangan yang handal dan terpercaya. Kami memiliki etos kerja yang tercermin dalam nama dan motto usaha Kami. Nama "CHAMPIOne" Kami ambil dari singkatan Comprehensive and Honest Advice for Maximum Planning is Our number One. Sedangkan motto Kami adalah "WEALTH", yaitu Warmth, Empathy, Assurance, Love, Trust, and Honesty. Kami berusaha memberikan perencanaan keuangan yang menyeluruh dan terbuka bagi Anda dan keluarga agar tujuan finansial yang Anda impikan dapat tercapai. Karena perencanaan keuangan bersifat sangat pribadi, informasi yang menyeluruh dan terbuka dari Anda sangat dibutuhkan agar perencanaan tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: